Kebiasaan Sehat Mendiang BJ Habibie

BJ Habibie semasa hidup. (internet)

BJ Habibie semasa hidup. (internet)

Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, wafat di usia 83 tahun. Ia diketahui memiliki masalah penyakit jantung sejak muda namun bisa tetap berjuang menjalani hidup hingga menginspirasi banyak orang.

BJ Habibie dalam menjalani hidup punya beberapa kebiasaan sehat yang bisa ditiru. Kebiasaan gaya hidup sehat ini mungkin juga jadi rahasia BJ Habibie bisa meraih banyak prestasi hingga akhirnya tutup usia karena gagal jantung di usia tua.

Dilansir detik.com, kebiasan BJ Habibie tersebut adalah, pertama, berenang.

BJ Habibie mengaku sebisa mungkin menyempatkan diri berenang setiap hari. Hal ini ia lakukan untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

“Saya berenang tiap hari,” kata Habibie dalam satu kesempatan, pada Juni 2011 lalu di Gedung DPR/MPR.

Dikutip dari WebMD, berenang merupakan olahraga yang cukup lengkap. Selain melatih jantung atau kardiovaskular, renang juga melatih kekuatan otot. Kelebihan lainnya adalah tidak membebani persendian seperti halnya lari, sehingga ramah bagi segala usia.

Kedua, baca dan tulis buku.

BJ Habibie terkenal dengan hobi membaca dan menulis buku. Karena hobinya itu BJ Habibie bahkan memiliki perpustakaan pribadi sendiri di rumahnya.

Membaca dan menulis bisa jadi kunci wawasan luas dan ketajaman pikiran BJ Habibie. Dikutip dari Psychology Today menurut ahli psikologi Alan Castel, PhD, membaca dapat melatih otak agar terus berpikir sehingga menurunkan risiko penyakit Alzheimer’s.

Ketiga, pola makan sehat.

Di beberapa kesempatan BJ Habibie mengungkap dirinya punya pola makan sehat. Menu favorit BJ Habibie adalah ikan, sayur, dan juga susu.

Keempat, minum air putih.

Sekilas terdengar sederhana, namun kadang kita melupakan minum air putih untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh. BJ Habibie menyadari hal tersebut dan mengaku kalau ia banyak minum air putih.

“Saya suka ikan, tapi dicampur makan sehat lainnya seperti sayur terus banyak minum air putih sama susu juga,” tutur BJ Habibie dikutip dari Haibunda. (sumber: detik.com)

(Visited 29 times, 1 visits today)