KSOP Batam dan KPLP Gelar Aksi Bersih Laut dan Pantai

KEPALA Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan khusus Batam, Capt Barlet saat membersihkan sampah.Foto:Dedy/Haluan Kepri

SEKUPANG (HK) — Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) serta Syahbandar Sekupang bersama asosisasi yang bergabung di Pelabuhan Sekupang membersihkan sampah plastik di laut, Kamis (12/9) pagi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka gerakan bersih laut dan pantai. Dan bersih – bersih ini difokuskan di perairan Pelabuhan Sekupang yang juga bergabung dengan beberapa pengusaha galangan kapal.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan dengan menggunakan 8 unit kapal milik KPLP, KSOP dan kapal lainnya. Hasilnya juga menakjubkan, aneka sampah organik dan non organik yang menghiasi lautan di Pelabuhan Sekupang dikumpulkan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan khusus Batam, Capt Barlet menuturkan, aksi bersih-bersih sampah merupakan wujud program untuk membersihkan dengan adanya pencemaran laut yang bisa membahayakan biota laut ini terus ditingkatkan.

“Aksi bersih-bersih sampah di laut ini merupakan upaya menyelamatkan ekosistem laut termasuk biota di dalamnya . Selama ini sampah plastik mendominasi pencemaran laut,” katanya.

Pihaknya berharap, menjaga ekosistem laut bukan hanya tugas institusi namun tugas bersama. Masyarakat harus ikut andil sama-sama menjaga eksositim laut , seperti tidak membuang sampah di laut.

“Maka dari saya imbau kepada para mahkoda Batam dan operator kapal agar menyampaikan kepada para penumpangnya untuk membuang sampahnya kelaut saat berada didalam kapal,” kata ia kembali. (ded).