Kasat Sabhara Turun Memadamkan Kebakaran Hutan

KEBAKARAN hutan di wilayah Sekupang.Foto:Putra/Haluan Kepri

BATAM (HK)-Kasat Sabhara Polresta Barelang Kompol Firdaus, turun langsung memadamkan kebakaran di hutan Sekupang, Jumat (13/9). Dalam waktu 30 menit, kebakaran tersebut berhasil didinginkan serta dipadamkan oleh empat unit Damkar yang turun ke tempat kejadian.

Kasata Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat, terjadi kebakaran hutan di dekat Dam Sei Ladi, yang masuk wilayah Sekupang.

“Kita langsung turun, menyiapkan Air Water Canon (AWC) kita untuk membantu, pemadaman Api. Kita lihat sekarang mobil Damkar Otorita satu unit. Ditambah satu unit mobil tengkinya. Kemudian dari Pemko ada dua unit. Dan kita mengirimkan satu unit AWC untuk membantu pihak Damkar,”ujarnya.

Dikatakan, reaksi cepat unit Sabhara beserta Samapta sekaligus Damkar berusaha memadamkan kebakaran. Sejumlah personil yang diturunkan yakni 10 orang dengan mobil Batara birunya masing-masing. Bersama personil dan anggota Damkar agar kebakaran tidak sampai menjalar ke dalam hutan tersebut.

Menurut Kasat Sabhara Polresta Barelang Kompol Firdaus, hutan yang berada di dekat Dam Sei Ladi tersebut termasuk hutan Lindung.

“Kita bersama-sama memadamkan. Agar tidak meluas atau tidak melebar ke dalam hutan,”ujarnya.

Lebih lanjut Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus, mengatakan belum diketahui penyebab kebakaran di dekat Dam Sei Ladi tersebut. Hal tersebut akan di lidik pihak Polsek atau pihak reskrim.

“Belum diketahui. Sementara ini kita fokus pemadaman api,”ujarnya.

Lebih lanjut, Kompol Firdaus menjelaskan, Kepolisian sudah mensosialisasikan larangan pembakaran hutan dan lahan. Baik itu melalui spanduk. Mensosialisasikan, bahkan kita mengadakan Forum Group Discusion (FGD) di PIH kemarin yang dilakukan oleh Binmas, agar masyarakat sadar. Karena unsur kesengajaan akan ada sanksi hukumnya.

“Makanya kita mengajak masyarakat tidak main-main dengan kebakaran hutan dan lahan. Karena fatal akibatnya sangat fatal sekali. Baik itu karena asapnya, kemudian hutan hutan yang dilindungi malah hilang dan terbakar,”ujarnya.

Sebagaimana kebakaran hutan di dekat Dam Sei Ladi terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Dengan reaksi cepat sejumlah personil Satsabhara Polresta Barelang, bersama pemadam kebakaran berhasil memadamkan api lebih kurang dalam waktu 30 menit.

“Ya saat ini sedang dilakukan pendinginan. Kita himbau ke masyarakat agar tidak sembarangan membuang api seperti puntung rokok. Jangan membakar sampah di dekat hutan,”tukasnya.(put)