Korban Kebakaran Minta Ulur Tangan Warga Batam

KORBAN kebakaran membutuhkan uluran tangan warga Batam.Foto:Dedy/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Korban kebakaran rumah yang terjadi di Kampung Danau Merah RT03/RW26 Kelurahan Buliang, Batuaji, Kamis (12/9), meminta ulur tangan warga Batam untuk memberikan pakaian yang masih bisa digunakan.

Pakaian yang tergolong bisa dipakai akan digunakan untuk para anak-anak korban kebakaran tersebut. Pasalnya saat musibah tersebut tak ada yang bisa diselamatkan.

Para anak korban sangat membutuhkan ulur tangan adanya pakaian biasa atau sehari-harinya untuk didistribusikan oleh warga. Sebab untuk bantuan makanan dan tenda serta pakaian sekolah sudah disalurkan oleh pihak Dinsos Batam.

“Puji Tuhan kalau tenda dan makanan serta pakaian sekolah sudah langsung disalurkan oleh pihak Dinsos Batam. Akan tetapi mereka pun meminta pakaian bekas yang masih dipakai untuk anak-anak korban kebakaran ini,” kata Ramli dilokasi, Jumat (13/9) siangnya.

Warga atau korban kebakaran pun menyambut baik adanya bantuan langsung dari pihak Dinsos Batam. Selain Dinsos Batam, pihak kepolisian sektor Batuaji juga akan mengumpulkan dana serta pakaian bekas untuk disalurkan ke anak-anak korban kebakaran itu.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah karna sudah tanggap dengan kondisi warga atau korban kebakaran tersebut, tapi kami meminta bantuan dengan ulur tangan warga untuk menyumbangkan pakaian bekas yang tak digunakan lagi. Untuk itu kami tetap tak lupa berterima kasih,” kata warga dilokasi tenda darurat.

Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe juga menyampaikan akan mengumpulkan pakaian bekas dan sumbangan untuk disalurkan kesana.

“Kita kasihan liat mereka. Makanya kita akan galakkan untuk mengumpulkan baju atau pakaian bekas yang masih bisa digunakan serta sumbangan untuk mereka nantinya. Mana tahu dengan bantuan tersebut bisa meringankan bebas mereka,” kata Kapolsek Batuaji tadi pagi.

Sementara itu, Dinas Sosial Kota Batam langsung memasang 5 unit tenda darurat segera memberikan bantuan kepada korban kebakaran yang menghanguskan 16 Rumah Liar (Ruli) Danau Merah.

Bantuan yang akan diberikan berupa posko pengungsian berukuran satu keluarga. Posko tersebut meliputi dapur umum beserta makanan, beberapa pakaian dan perlengkapan tidur.

“Mengenai tenda yang akan di pasang menyesuaikan lokasi, apabila memungkinkan akan dilakukan pemasangan tenda besar, namun jika memang tidak bisa, maka di pasang tenda keluarga,” Kata Dedy Suryadi Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Dinas sosial kota Batam, Jumat (13/9).

Ia juga menjelaskan untuk pemasangan tenda keluarga Dinsos akan berikan sebanyak lima unit. Sebab setelah meninjau lokasi memang tidak bisa untuk pemasangan tenda ukuran besar. Selain itu, Dinas sosial Kota Batam juga akan menyalurkan bantuan berupa pakaian.

“Bantuan pakaian berupa pakaian sekolah kepada anak-anak dari mulai SD dan SMP. Tapi kita masih ada beberapa pakaian, dari bantuan yang diberikan masyarakat pada saat kejadian serupa beberapa waktu lalu,” paparnya.

Untuk konsumsi, Dinsos juga akan berkoordinasi kepada warga setempat agar distribusi bantuan makanan berjalan lancar.(ded)