Inilah Enam Kategori ISPU dan Tindakan yang Dilakukan

Kabut asap tampak menyelimuti langit Batam, Sabtu (14/9/2019). DAMRI

BATAM (HK) – Kategori kualitas udara akibat kebakaran hutan dan tindakan pengamanan berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (IPSU) itu ada enam macam.

Hal itu katakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi kepada melalui pesan whatsapp-nya, Sabtu (14/9/2019) sore.

Pertama, ISPU 400 kategorinya sangat berbahaya. Dimana dampak kesehatanya berbahaya bagi semua orang, terutama balita, ibu hamil, orang tua dan penderita gangguan pernafasan.

Untuk tindak pengamanannya ada dua. Yaitu semua harus tinggal di rumah dengan menutup pintu dan jendela. Segera lakukan evakuasi selektif bagi orang berisiko ke tempat atau ruangan bebas pencemaran udara.

Kedua, ISPU 300-399 kategorinya berbahaya. Dampak kesehatannya adalah bagi penderita suatu penyakit gejalanya akan semakin serius dan orang sehat akan merasa mudah lelah.

Untuk tindak pengamanannya ada dua, yaitu penderita penyakit ditempatkan pada ruangan bebas pencemaran udara. Kemudian aktifitas kantor dan sekolah harus mengunakan pendingin ruangan atau air purifier.

Ketiga, ISPU 200-299 kategorinya sangat tidak sehat. Sehingga dampak kesehatannya pada penderita ISPA pneumonia dan jantung maka gejalanya akan meningkat.

Untuk tindak pengamanannya adalah aktifitas di luar rumah harus dibatasi. Perlu disiapkan rungan khusus untuk perawatan penderita ISPA berat di rumah sakit atau puskesmas. Aktifitas bagi penderita jantung dikurangi.

Keempat, ISPU 101-199 kategorinya tidak sehat. Dampak kesehatannya dapat menimbulkan gejala iritasi pada saluran pernafasan. Sedangkan bagi penderita penyakit jantung maka gejalanya akan semakin berat.

Tindakan pengamanannya adalah cukup menggunakan masker atau penutup hidung bila melakukan aktifitas diluar rumah. Aktifitas bagi penderita jantung dikurangi.

Kelima, ISPU 51-100 kategorinya sedang dan dampak kesehatan. Keenam, kalau ISPU di bawah 50 maka itu kategorinya baik dan juga tidak ada dampaknya. (cw64)