Anggota DPRD Meranti Dilantik

(azwin/haluankepri.com)

(azwin/haluankepri.com)

  • Masa Bakti 2019-2024

Meranti (HK) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti masa Bakti 2019-2024 dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Wakil Kepala Pengadilan Agama Bengkalis dalam acara Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kepulauan Meranti, di Ruang Rapat DPRD Meranti, Senin (16/9/2019).

Turut hadir, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan SE, Anggota DPRD Riau Asal Meranti H. Adil, Amyuslis, dan tamu undangan lainnya.

Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kepulauan Meranti Masa Bakti 2019-2024 langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan.

Dalam rapat paripurna itu juga ditetapkan pimpinan sementara DPRD Meranti. Sekretaris Dewan DPRD Meranti Drs. Irmansyah, membacakan Keputusan Gubernur Riau dan Surat Partai menetapkan H. Fauzy Hasan SE sebagai Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Musdar SPd sebagai Wakil Ketua Sementara.

Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan mengucapkan terima kasih kepada masyarakay dan semua pihak yang telah mensukseskan Pemilihan Legislatif pada Pemilu 2019 lalu sehingga berhasil mengantarkan Legislator terpilih untuk membangku jabatan anggota DPRD Meranti Masa Bakti 2019-2024.

Selanjutnya Fauzy Hasan memaparkan kinerja DPRD Meranti khususnya dalam menyusun dan mengesahkan 190 Keputusan dan 54 Peraturan Daerah. Selain itu terus melakuan pengawasan kebijakan dan pelaksanaan peraturan daerah serta aspirasi masyarakat dalam mengelola SDM dan sumber daya alam Meranti. Yang semua dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Meranti.

Meski begitu Fauzy Hasan juga menyadari masih ada janji yang belum terealisasi dan dalam menjalankan tugas terdapat kekilafan yang disengaja maupun tidak seraya berharap untuk dibukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya.

Terakhir dia mengucapkan selamat kepada Legislator Meranti terpilih Masa Bakti 2019-2024 seraya berpesan kepada Legislator yang baru dapat memegang teguh janji-janji kepada masyarakat. Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada Legislator sebelumnya atas bakti yang telah diberikan.

Selanjutnya pembacaan Keputusan Gubernur Riau tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota DPRD Kepulauan Meranti oleh Sekretaris Dewan DPRD Meranti Drs. Irmansyah yang dilanjutkan dengan pengucapan sumpah anggota DPRD Meranti Masa Bakti 2019-2024 yang dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Indah Karmila Dewi kemudian penandatanganan berita acara pengucapan sumpah oleh perwakilan Legislator dan para saksi, terakhir pemasangan Pin Anggota DPRD Meranti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis.

Dalam sambutannya dihadapan seluruh anggota DPRD Kepulauan Meranti Masa Bakti 2019-2024 dan hadirin yang hadir, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada Legislator yang baru saja dilantik seraya berharap tetap amanah dan Istiqomah.

Selanjutnya Bupati mengatakan pelantikan saat ini merupakan amanah konstitusi yang harus dilaksanakan dalam menegakan demokrasi di negara Republik Indonesia. Dari 30 Anggota Dewan yang dilantik sebanyak 18 orang merupakan wajah baru. Untuk itu Bupati Irwan berharap antara Legislator dan Eksekutif dapat bersinergi dengan baik dalam rangka mewujudkan aspirasi masyarakat. Sesua dengan janji Anggota Dewan kepada konstituennya dalam menggesa pembangunan Meranti 5 tahun mendatang.

Dalam menyusun program pembangunan menurut Bupati, harus berkaca pada peraturan dan perundang-udangan yang berlaku oleh karena itu diharapkan kepada Legislator terpilih dapat segera menyesuaikan diri dan memahami peraturan tersebut agar proses pembangunan hg dilaksanakan tidak mengalami kendala.

Lebih jauh dikatakan Bupati, dengan telah dilantiknya Anggota DPRD Merantu Masa Bakti 2019-2024 tentunya tugas besar segera Menanti, ia juga berharap para Legislator dapat bekerja cepat bersama Eksekutif khususnya dalam penyusunan APBD yang paling lambat 10 harus dituntaskan pada bulan November tiap tahunnya sehingga janji kepada masyarakat dapat segera direalisasikan.

Bupati Meranti mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan keprihatinan atas keadaan Karlahut dan Kabut Asap yang terjadi di Provinsi saat ini, dengan bersama-sama menghimbau masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan serta berperan aktif dalam mengamankan bencana asap yang dihadapi Rau saat ini. (azwin)