FSBM Ke III Siap Digelar

Rapat Panitia Persiapan Pelaksanaan FSBM ke III di Anambas Iin. (yudi/haluankepri.com)

Rapat Panitia Persiapan Pelaksanaan FSBM ke III di Anambas Iin. (yudi/haluankepri.com)

  • Tumbuhkan Bibit Lestarikan Budaya Melayu

ANAMBAS (HK) – Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) kembali akan digelar di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Iven dua tahunan tersebut akan dilaksanakan pada 22 s.d 27 September 2019 mendatang.

Enku Zubir, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan mengatakan, pelaksanaan FSBM bertujuan untuk terus menumbuhkembangkan seni budaya Melayu dan mencari bibit andal untuk menjaga dan melestarikannya.

“Ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya Melayu agar tetap ada ditengah-tengah masyarakat sehingga tidak tergerus perkembangan zaman,”ujar Zubir yang ditemui di Kedai Kopi Ester, Senin (16/9/2019).

Ia menjelaskan, sebagai daerah yang fokus dalam pengembangan potensi wisata, iven ini dapat menjadi salah satu destinasi budaya yang dapat menarik perhatian para wisatawan.

“Harapan kita Festival Seni Budaya Melayu ini dapat menjadi salah satu agenda pariwisata di Anambas seperti halnya Festival Padang Melang (FPM),” ujarnya.

Sementara itu, Taufik Hidayah, Sekretaris Panitia mengatakan, FSBM 2019 merupakan pelaksanaan yang ketiga. Sebelumnya FSBM telah dilaksanakan dan pertama kali digelar pada tahun 2015 silam.

“Iven ini setiap dua tahun sekali digelar, dan telah dimulai pada tahun 2015, kemudian 2017 dan tahun 2019 ini,”bebernya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, ada tiga tempat yang dipergunakan dalam pelaksanaan FSBM pada tahun 2019 antara lain yakni Taman Bermada, Batu Lepe dan Malam puncak di BPMS.

“Pembukaan akan dilaksanakan di taman Bermada, kemudian babak penyisihan di taman Bermada dan Batu Lepe sedangkan malam puncak sekaligus penutupan di Gedung BPMS,”imbuhnya.

Untuk agenda sendiri tambah dia, yang pertama adalah lomba tari melayu, pembacaan puisi Ibrahim Satta dan Lomba berbalas pantun tingkat SLTP dan SLTA.(yud)