Pria Pengangguran Nekat Curi Pipa Air ATB

KAPOLSEK Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah ungkap kasus pencurian Pipa Air ATB, Selasa (17/9/2019) siang. Foto:Boby/haluankepri

BATAM(HK) – Akibat permasalahan ekonomi, seorang pria pengangguran warga Baloi Kolam, Rihat Gultom (23) terpaksa mencuri Pipa air Milik PT. ATB di DAM Baloi, Sungai Panas, Batam kota, Rabu (4/9/2019) sekitar pukul 18.00 Wib.

Aksi pencurian Pipa Air milik PT. ATB tersebut terbilang nekat, sebab pelaku melakukan aksinya memotong pipa dengan menggunakan alat Las yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kapolsek Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah menjelaskan bahwa saat pelaku memotong pipa dibantu dengan rekannya SL, salah satu saksi petugas yang berjaga di kawasan tersebut mencium bau gas dari asap pengelasan.

“Saat itu, petugas jaga mencium bau yang tidak sedap, kemudian ditelurusi ternyata terdapat dua orang pelaku sedang memotong pipa air tersebut,” ucap Ricky dalam konferensi persnya di Mapolsek Batam kota, Selasa (17/9/2019) siang.

Lanjut Ricky, dari pengungkapan kasus ini, Salah satu pelaku RG berhasil kita amankan, untuk pelaku SL masih status DPO, karena pada saat dilakukan penangkapan palaku SL sempat melarikan diri,” ungkap Ricky.

“Atas perbuatannya, pihak Perusahaan ATB mengalami kerugian mencapai Rp36 jt,” beber Ricky.

Dari pengakuan pelaku, hasil pemotongan pipa itu akan dijual ke besi tua dengan harga Rp3000 per kg.

“Rencananya akan dijual kebesi tua dengan harga Rp3000 per kg, aksi ini baru sekali saya lakukan, karena permasalahan ekonomi,” ucap RG.

Adapun barang bukti yang diamankan, 1 buah potongan besi pipa steel 300MM panjang 3 m, 1 buah pipa galvanis 200MM panjang 3,7m, 1 buah pipa galvanis 200MM panjang 1m, 1 buah cutting torch dan selang, 1 buah tabung oksigen ukuran 47 L bertuliskan PKS, 1 buah tabung gas elpiji ukuran 3kg, 1 buah kunci Inggris dan parang.

Atas perbuatannya, pelaku di jerat pas
363 KUHP dengan ancaman pidana kurungan penjara maksimal 7 tahun. (Cw63)