Sabu-Sabu ‘Segitiga Mas’ Dimusnahkan Pakai Insinilator

BARANG bukti sabu-sabu asal negara 'Segitiga Emas' dimusnahkan di Mapolres Bintan, Selasa (17/9) pagi. Foto:Oki Alexander/Haluan Kepri

BINTAN (HK) – Sebanyak 114,758 Kg narkotika jenis sabu-sabu asal negara ‘Segitiga Mas’ dimusnahkan. Pemusnahan barang bukti hasil pengungkapan jajaran Polres Bintan itu dilakukan di Mapolres Bintan, Selasa (17/9) pagi.

Istilah negara ‘Segitiga Emas’ diungkap ke publik oleh Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga. Dalam ungkapannya, negara yang dimaksud meliputi Myanmar, Laos dan Thailand.

Kristalan haram itu diselundupkan melalui jalur laut dan transit di Malaysia sebelum tiba di Indonesia melalui pintu masuk di Bintan.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menyebutkan, dari total berat kotor barang bukti yang diamankan berjumlah 125,223 Kg dan berat bersih seberat 118,521 Kg.

“Sedangkan yang kita musnahkan hari ini berjumlah 114,758 Kg. Sementara untuk barang bukti di pengadilan seberat 3,763 Kg,” ungkap Boy.

Kristalan haram itu dimusnahkan dengan cara direndam ke air panas serta sebagian lagi menggunakan alat pemusnah milik BNNP Kepri yang bernama Insinilator.

Selain dihadiri pejabat Polres Bintan, sejumlah pimpinan FKPD Bintan juga ikut memusnahkan barang haram tersebut.

Mengingat banyaknya jumlah sabu-sabu yang dimusnahkan, saat ini proses pemusnahan masih berlangsung. Provost Polres Bintan masih berjaga-jaga diarea pemusnahan. (oxy)