Yusuf Sirat Jabat Ketua DPRD Karimun Definitif

KETUA DPD II Partai Golkar Karimun Aunur Rafiq memimpin rapat terkait penetapan pimpinan DPRD Karimun definitif oleh DPP Partai Golkar, Selasa (17/9).Foto:Ilham/Haluan Kepri

KARIMUN (HK)-Partai Golongan Karya (Golkar) akhirnya menetapkan Muhammad Yusuf Sirat sebagai Ketua DPRD Karimun definitif periode 2019-2024. Penetapan itu setelah keluarnya surat keputusan dari DPP Partai Golkar. Kemudian, pengurus DPD II Partai Golkar Karimun melakukan rapat untuk menyampaikan informasi penetapan tersebut, Selasa (17/9).

“Kami dari DPD II Partai Golkar Kabupaten Karimun melaksanakan rapat penyampaian informasi tentang penetapan calon pimpinan DPRD Kabupaten Karimun yang telah ditetapkan oleh DPP Partai Golkar. Surat penetapan itu ditujukan kepada DPD I Golkar Kepri dan ditembuskan kepada DPD II Golkar Karimun,” ungkap Ketua DPD II Golkar Karimun, Aunur Rafiq di kantornya, Selasa (17/9).

Kata Rafiq, dalam surat pemberitahuan tersebut telah ditetapkan M Yusuf Sirat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Karimun dari Partai Golkar. Penetapan itu berdasarkan surat dengan no: R-873/GOLKAR/VIII/2019 tertanggal 30 Agustus 2019. Surat tersebut baru diterima DPD II Golkar Karimun sekitar 4 hari yang lalu.

“Harapan kami, semoga dengan telah ditetapkannya ini terjawablah apa yang menjadi pertanyaan masyarakat terhadap usulan DPD Partai Golkar melalui pleno yang kami lakukan terhadap 4 nama calon dari Fraksi Partai Golkar yang pernah kami usulkan sebelumnya,” terang Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq menyebut, penetapan Yusuf Sirat sebagai Ketua DPRD Karimun merupakan hak sepenuhnya dari panitia seleksi (pansel) DPP Partai Golkar. Dasar penetapan Yusuf Sirat sebagai Ketua DPRD Karimun tidak disampaikan dalam surat yang dikirimkan kepada DPD I Golkar Kepri.

Menurut dia, setelah keluarnya surat penetapan dari DPP Partai Golkar tersebut, maka DPD II Golkar Karimun akan mengirim surat tertulis kepada DPRD Kabupaten Karimun. Dirinya berharap, DPRD Karimun secepatnya memproses penetapan Ketua DPRD Karimun definitif dan selanjutnya diteruskan ke Gubernur Kepri.

Sementara, Ketua DPRD Karimun definitif, M Yusuf Sirat mengatakan, penunjukkan dirinya sebagai Ketua DPRD Karimun merupakan mandat ataupun perintah sekaligus kuasa menjalankan tugas bagi dirinya atas nama Partai Golkar menjadi pimpinan lembaga legislatif di DPRD Kabupaten Karimun.

“Sementara ini saya dipercayakan memimpin lembaga DPRD Karimun berdasarkan undang-undang selaku partai pemenang pertama. Proses yang dilaksanakan di Partai Golkar sendiri sudah dilaksanakan sesuai mekanisme, mulai dari pleno kabupaten/kota hingga pleno provinsi dan rapat pansel di DPP Partai Golkar,” ungkap Yusuf Sirat.

Langkah ke depan, kata Yusuf Sirat, sebagai pekerja partai maka dirinya harus mampu menjalankan amanat partai, sehingga roda organisasi atau lembaga DPRD Karimun dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kemudian, dirinya juga akan membangun komunikasi politik sesama fraksi-fraksi diluar Partai Golkar. (ham)