5 Cara Packing untuk Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat

(istimewa)

(istimewa)

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para traveler adalah kelebihan bagasi pesawat. Yap, meski sudah mengetahui ketentuan tentang bagasi pesawat enggak cukup untuk menghindarkan kamu dari biaya akibat kelebihan bagasi.

Nah, agar bisa traveling dengan aman dan nyaman tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya packing. Apa saja? Berikut ulasannya.

Menggunakan plastik zip lock

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan plastik zip lock. Agar barang bawaan enggak makan tempat di dalam koper, kamu bisa menggulungnya dan memasukkan ke dalam kantong plastik zip lock.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kembali plastik tersebut untuk packing selanjutnya atau tempat pakaian kotor. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa tujuan. Pasalnya, dengan menggulung pakaian, kamu akan memiliki lebih banyak ruang di dalam tas yang bisa digunakan untuk menyimpan barang lainnya.

Memasukkan toiletries ke tempat travel size

Sadar atau enggak, sebagian besar dari kita pasti kerap membawa hampir semua perlengkapan mandinya saat pergi traveling. Efeknya, hal tersebut bakal bikin tas kita jadi lebih berat dan enggak lagi punya banyak tempat untuk membawa barang-barang lainnya. Padahal, nih, hal tersebut enggak perlu kamu lakukan. Sebab, di hotel biasanya sudah disediakan perlengkapan mandi, mulai dari sabun hingga shampo.

Namun, jika terpaksa harus membawa toiletries saat bepergian, kamu bisa memasukkan sabun, shampo, sabun pencuci muka, dan peralatan mandi lainnya ke dalam tempat yang lebih kecil. Selain itu, jika hendak membawa makeup, lebih baik kamu bawa yang dibutuhkan saja untuk traveling singkat.

Bawa pouch untuk benda elektronik

Saat ini, bepergian tanpa gadget seperti ada yang hilang. Untuk dapat bisa membawa berbagai gawai dengan mudah dan efisien, masukkan charger, earphones atau alat elektronik lainnya ke dalam satu tempat seperti waist bag. Selain untuk memudahkan kamu saat hendak menggunakannya, mengumpulkan benda elektronik di satu tempat juga akan memberikan ruang lebih pada tas traveling kamu.

Bawa oleh-oleh? Kirim saja!

Saat kamu bepergian ke daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, tentu kamu ingin membeli beberapa buah tangan untuk orang-orang terdekat. Namun masalahnya, membawa oleh-oleh bisa menambah biaya bagasi sekaligus merepotkan kamu saat membawanya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengirimkan oleh-oleh tersebut. Kamu bisa membeli oleh-oleh beberapa hari sebelum pulang dan kirimkan agar barang tersebut bisa sampai bersamaan dengan kedatangan kamu di daerah asal.

Enggak sembarangan. Biaya pengiriman melalui pos atau kurir logistik umumnya ketimbang llebih murah dibandingkan kamu membawa oleh-oleh sendiri dan membayar biaya bagasi di bandara.

Jika memungkinkan, pakai saja!

Saat traveling, mungkin kamu akan membawa sweater dan celana jins kesayangan.  Namun masalahnya, hal itu akan membuat beban pada tas jadi bertambah dan mengurangi ruang karena ukurannya yang tebal dan besar.

Jika memang memungkinkan, kenapa kamu enggak menggunakan sweater dan celana tersebut saat di pesawat, baik itu berangkat atau pulang menuju daerah asal? Hal ini tentu akan membuat barang yang terbawa menjadi lebih sedikit dan mengurangi beban bawan. Perlu kamu ingat bahwa berat barang yang menempel di tubuh enggak dihitung sebagai berat bagasi.

Itu dia tips packing untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat. Setelah membaca tips ini, sekarang waktunya kamu cek tiket garuda disini dan segera rencanakan waktu liburan dengan orang-orang terkasih. Sudah siap? (r)