by

Kapolresta Barelang Janji Jamin Keselamatan Wartawan

BATAM (HK) – Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo berjanji bahwa jurnalis yang ada di Kota Batam terjamin keselamatannya dalam melakukan liputan, terutama dalam peliputan demonstran.

Hal itu disampaikanya dalam dialog pada aksi yang dilakukan oleh puluhan wartawan Kota Batam dari media cetak, online dan elektronik tentang adanya kekerasan terhadap jurnalis di beberapa daerah, Senin (30/9/2019) sore di jalan Engku Putri Batam Center.

Dikatakan Prasetyo, jika ada suatu kelompok atau seseorang yang menganggu jurnalis untuk melakukan peliputan dilapangan maka laporkan kepada pihak pejabat utama Polresta Barelang. Karena dalam demo itu tugas polisi itu bukan hanya mengamankan masa pendemo namun juga jurnalis yang meliput.

“Karena saat ini anggota Polresta Barelang masih banyak yang tidak sadar akan kamera dalam melakukan pengamanan. Semua itu nanti saya sampaikan kepada seluruh anggota saya,” ucapnya.

Seterusnya kata Prasetyo, Jurnalis sebagai kontrol sosial diharapkan bisa membawa suasana aman, nyaman di Kota Batam dan juga bisa mengademkan.

“Kita ingin Batam ini aman dan nyaman untuk semua masyarakat. Kami akan terbuka, jika ada anggota Polresta Barelang yang kurang baik dalam bertugas maka sampaikan kepada saya, tanggung jawab saya untuk memperbaikinya,” tegasnya.

Ditambahkannya, terkait adanya tindakan kekerasan terhadap jurnalis dibeberapa daerah itu dia sangat menyayangkan dan diharapkan itu sebagai sebuah pembelajaran bagi polisi dan juga jurnalis.

Banyak hal yang bisa dipetik untuk kebaikan kedepannya, sehingga tugas dan tanggung jawab jurnalis saat meliput dimanapun berada terlindungi.

Dengan adanya aksi solidaritas ini adalah intropeksi bagi pihak kepolisian dan dalam hal ini Polresta Barelang agar memberikan kebebasan dan perlindungan kepada jurnalis dalam melaksankan tugasnya.

“Kemudian juga intropeksi bagi semua jurnalis bahwa dalam situasi peliputan yang berbahaya harus siap secara mental dan peralatan sehingga dalam pelitupan tidak terkena imbas dari situasi yang terjadi,” tutupnya. (Cw64)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed