by

Bupati Meranti Hadiri Pertemuan di Kemenko Maritim

  • Jemput Dana Penanggulangan Abrasi di Wilayah Pesisir

Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan M.Si, mengikuti pertemuan di kantor Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman, dalam rangka menjemput dana pusat melalui program penanggulangan abrasi di wilayah perbatasan yang berlangsung di Aula Kemenko Maritim RI, Jakarta, Jumat (4/9/2019).

Hadir dalam pertemuan itu, Menko Maritim RI, Kepala BRG RI Nasir Foad, Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, Kepala BPPT Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Rai Hammam Riza, Kepala BNPB RI Doni Monardo, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Pihak Mabes TNI AL, Deputy Penelitian dan Pengembangan BRG RI Dr. Haris Gunawan, serta perwakilan Kementrian terkait.

Sementara itu rombongan Pemkab. Meranti yang turut bersama Bupati Irwan, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Maamun Murod, Kabag Perbatasan Sekdakab. Meranti Agustia Widodo, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH.

Diketahui, masalah abrasi di wilayah Riau khususnya di Meranti sudah sangat menghawatirkan. Untuk mengatasinya bukan perkara mudah disamping diperlukan teknologi dan para ahli juga membutuhkan dana yang besar. Jika mengharapkan penanggulangan Abrasi dari dana daerah jelas tidak mencukupi, salah satu solusi yang dijalankan adalah dengan meraih dana pusat yang ada ditiap Kementrian terkait.

Dari hasil pertemuan tersebut, Kemenko Maritim mengaku siap mendukung upaya penanggulangan abrasi dan penyelamatan ekosistem diwilayah Pesisir Riau terutama di Meranti. Pelaksanaan program tersebut akan melibat para peneliti dan tenaga ahli dari Luar Negeri, termasuk juga pihak TNI AL dibawah kendali Lanad Dumai. Untuk koordinator sendiri Kemenko Maritim mempercayakan kepada Gubernur Riau selaku pimpinan wilayah.

Terkait hal ini, Gubernur Riau, H. Syamsuar siap menjadi koordinator dan dia pun berjanji akan memberikan porsi lebih kepada Meranti untuk penanggulangan Abrasi.

“Kami akan memberikan porsi anggaran lebih untuk penanggulangan Abrasi di Meranti, karena Abrasi wilayah ini sangat menghawatirkan,” ucap Gubri Syamsuar dihadapan Pejabat Kementrian dan Bupati wilayah Riau yang hadir.

Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Kemenko Bidang Kemaritiman RI, atas kepeduliannya terhadap masalah Abrasi diwilayah Riau khususnya Kepulauan Meranti. Bupati berharap melalui pelaksanaan program upaya Pemkab. Meranti dalam mengatasi Abrasi dapat terwujud.

“Kita atas nama Pemkab. Meranti mengucapkan terima kasih kepada Kemenko Maritim dan Kementrian terkait yang telah mendukung Pemkab. Meranti dalam mengatasi masalah Abrasi, terima kasih juga disampaikan kepada Gubernur Riau H. Syamsuar, semoga dengan penerapan program ini yang didukung oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi dapat mengatasi Abrasi di wilayah kita,” ucap Bupati Irwan. (azwin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed