IJTI Pengda Kepri Gelar Uji Kompetensi JTV

KETUA Pengda IJTI Kepri, Agus Faturrohman didampingi ketua panitia dan jajaran, menunjukkan Kartu UK-JTV sebagai bentuk segera dilaksanakan uji kompetensi perdana di Kepri, Kamis (10/10) siang.IST

BATAM (HK)- Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Kepri, menggelar uji kompetensi jurnalis, untuk bisa meningkatkan kualitas kemampuan profesi serta profesional, dalam menjalankan tugas dilapangan.

Kegiatan internal wartawan yang akan diikuti oleh puluhan jurnalis televisi se-Sumatera itu,
bertempat di Room Singapura Hotel Harmoni One Batam Centre, di mulai Pukul 08.00 WIB, hingga Minggu (13/10), mendatang. Dengan
tim penguji yang datang dari Jakarta beserta pengurus IJTI pusat.

Ketua Panita, Gusti Yennosa, mengungkapkan uji kompetensi ini adalah, merupakan kegiatan perdana diadakan oleh IJTI Pengda Kepri dan menjadi gebrakan pertama sejak IJTI lahir di Provinsi Kepri pada Tahun 2007 lalu.

“Segala persiapan untuk lancarnya kegiatan ini sudah siap. Termasuk materi dan pelaksanaan uji kompetensi bagi para jurnalis televisi sudah kami matangkan,” ungkap Gusti Yennosa, alias Oca, Kamis (10/10) sore.

Ini tentunya, imbuh Oca, ini menjadi gebrakan pertama untuk IJTI Pengda Kepri ini, sehingga menjadi motivasi semangat guna peningkatan skill dan kopetensi, bagi jurnalis televisi, masa yang akan datang.

“Hingga satu hari menjelang kegiatan, puluhan jurnalis dari berbagai daerah di Sumatera telah mengkonfirmasi kehadirannya. Diantaranya itu dari Jambi, Sumatera Barat, Riau Daratan, Bali, Aceh, serta Kepri, yang datang dari Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri,” tentang Oca.

Bahkan ujarnya, beberapa di antaranya saat ini sudah datang di Batam. Makanya, panitia juga mulai sibuk menjemput para peserta tersebut, agar megarahkan ke tempat penginapan yang telah disiapkan.

“Para peserta sudah tiba di Batam. Maka kami berbagi tugas dalam melakukan penjemputan, maupun penataan administrasi peserta,” ucap Ketua Panitia Pelaksana ini.

Begitu juga untuk para penguji, jelasnya, sudah dijadwalkan kedatangannya besok pagi, untuk di jemput ke bandara, dan lansung ke acara.

Alhamdulillah lanjut Oca, banyaknya dukungan demi terselenggaranya kegiatan ini, membuat semua panitia dan pengurus IJTI Kepri, sangat optimis. “Karena agenda berjalan dengan lacar hingga terakomodir di H-1.

“Ini ialah pengalaman pertama kami. Dan kami sangat optimis kegiatan ini mampu terlaksana dengan lancar hingga akhir. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan IJTI Pengda Kepri untuk kedepannya,” pungkas Oca.

Ketua IJTI Pengda Kepri, Agus Fathurohman, alias Bagas mengatakan, UK-JTV dilakukan di Kepri lantaran masih banyaknya jurnalis yang berada di Sumatera khususnya serta di Kepri, yang belum ada mengikuti UK-JTV tersebut.

Selain itu, ucapnya, program penyelenggaraan UK-JTV ini juga sebagai sebuah upaya seluruh anggota IJTI, agar dapat melaksanakan tugas secara mumpuni dan secara kaidah jurnalistik.

Sehingga, terang Bagas, akan bisa melahirkan jurnalistik pertelevisian yang berkualitas, serta mumpuni dalam menjalankan tugas lapangan

“Dengan UK-JTV, jurnalis diuji kemampuannya hingga layak terverifikasi. Ujian ini juga dapat meningkatkan kemampuan mereka, terhadap semua tantangan tugas secara mumpuni dan memahami tugas secara kode etik,” tukasnya.(vnr)