Anambas Kabupaten Pertama di Kepri, Sukses Menyalurkan Dana Desa

KAKANWIL Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau Teguh Dwi Nugroho.Foto:Yudi/Haluan Kepri

ANAMBAS (HK) – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) meraih penghargaan dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia karena keberhasilannya dalam penyaluran dana desa pada tahun 2019. Award tersebut akan diberikan pada tahun 2020 mendatang. Menariknya lagi Anambas menjadi yang pertama di Provinsi dalam menyalurkan dana desa.

“Untuk Provinsi Kepri itu Anambas yang pertama, selain itu ada Kabupaten Natuna, namun untuk Natuna memang sudah disalurkan, tapi belum di upload pada aplikasi,” ujar Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau Teguh Dwi Nugroho, Rabu (16/10).

Reward yang diraih ini sebut Tri, setelah pada tahun 2019 ini dana desa Anambas sudah cair dari Kas Umum Negara, ke Kas Daerah kemudian dari Kas daerah telah disalurkan ke kas desa sebelum bulan November.

Lebih jauh ia mengungkapkan, atas keberhasilan itu, dari PMK yang mengatur maka pada tahun 2020 Anambas mendapatkan reward.

“Nantinya tahap 1 yang 20 persen dan tahap 2 sebesar 40 persen akan dapat dicairkan sekaligus,” tuturnya.

Salah satu persyaratan tambahnya, dari kas umum negara kedaerah adalah APBD. Untuk itu pihaknya mendorong pemda selesaikan dan mengesahkan pengesahan APBD sebelum lewat tahun.

“Hal ini perlu kita lakukan, agar pada bulan Januari bisa bisa berjalan. Disamping itu, penyalurannya harus lewat Perbup, dan tentunya dua persyaratan tadi sangat mudah,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan reward yang diraih Anambas itu perdana setelah 11 tahun Anambas dimekarkan.

“Kita sampaikan juga bahwa raihan WTP ini memberikan konstribusi anggaran sebesar Rp28 milliar,” katanya.(yud)