Ini Pembicaraan Kadin Batam dengan Menteri Perdagangan Singapura

Ketua Kadin Batam, Syamsul Paloh (kiri) saat berbincang dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Chee Hong That. (haluankepri.com)

Ketua Kadin Batam, Syamsul Paloh (kiri) saat berbincang dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Chee Hong That. (haluankepri.com)

Batam (HK)- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam terus mendorong agar para pengusaha Singapura menjadikan Batam sebagai tujuan berinvestasi. Apalagi pasca ditunjuknya Walikota Batam Muhammad Rudi, sekaligus sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Kadin Batam selalu mendorong agar para investor di Singapura terus meningkatkan nilai investasinya di Batam. Apalagi saat ini, Batam sudah menyediakan berbagai insentif dan instrumen serta terus memperbaiki tata kelola perizinan yang tentu memberikan daya tarik bagi investor,” ujar Ketua Kadin Batam, Syamsul Paloh, Kamis (17/10/19).

Diakui Syamsul, berdasarkan catatan Kadin Batam, sejauh ini Singapura memang menjadi negara dengan investasi terbesar di Batam. Namun demikian, nilai investasi tersebut masih jauh dari harapan. Bahkan katanya, Batam masih kalah dari kota lain di Indonesia, sekalipun jaraknya keduanya hanya sepelemparan batu.

Menurutnya, dengan jarak yang dekat, seharusnya Batam menjadi daerah tujuan pertama berinvestasi bagi Singapura.

Kata Syamsul, berdasarkan data tahun 2018, untuk Indonesia, Batam malah berada pada urutan kesepuluh sebagai tujuan investasi bagi Singapura. Dan menurutnya peringkat ini tentu jauh dari harapan.

Dikatakannya, industri manufaktur, properti dan pembangunan kawasan industri serta pariwisata merupakan sektor investasi yang akan terus menjadi primadona di Batam.

“Saya melihat sejumlah sektor seperti industri pariwisata, properti dan manufaktur merupakan hal yang selalu menjadi daya pikat Batam bagi investor khususnya Singapura,” ujar Syamsul.

Ditambahkannya, pembicaraan yang dilakukan Kadin Batam dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Chee Hong That, baru-baru ini, Singapura melihat Batam sebagai wilayah yang seksi untuk berinvestasi.

Kata Syamsul, Chee Hong That meyakini, kedepan pengusaha Singapura akan terus meningkatkan nilai investasi di Batam, apalagi saat ini dirinya melihat, Batam terus berbenah dan sejumlah infrastruktur yang mendukung iklim investasi terus dibenahi. (san)