Nasi Gandul Khas Pati Jawa Tengah Sudah ada di Batam

Kedai Nasi Tejo Arum menyediakan nasi Gandul khas Pati. (putra/haluankepri.com)

Kedai Nasi Tejo Arum menyediakan nasi Gandul khas Pati. (putra/haluankepri.com)

BATAM (HK) – Nasi Gandul khas Pati Jawa Tengah, hadir untuk penikmat kuliner tradisional di Batam. Menu khas Pati ini hadir dengan harga terjangkau dan sangat ekonomis.

Pengusaha rumah makan khas Pati sekaligus pemilik usaha kedai Tejo Arum, Teguh mengatakan, menu utama di kedainya yakni Nasi Gandul.

Dikatakan, Nasi Gandul memiliki cita rasa unik dan khas. Kuliner ini merupakan nasi yang dikasih kuah santan. Dominannya pakai daging sapi, paru dengan khas manis.

“Racikannya asli dari Pati Jawa Tengah. Ibarat kata, ini khas tradisional Pati,” ujarnya kepada haluankepri.com, Selasa malam, (15/10/2019).

Dia menyampaikan, Nasi Gandul sudah ada turun temurun yang berasal dari Pati. Cara penyajiannya bahkan dagangannya dipikul secara keliling. Baik dari dusun ke dusun, dari kampung ke kampung, serta ke pusat keramaian.

Setelah merintis usaha kuliner, Teguh tertarik untuk mengangkat makanan kuliner khas Pati. Memulai usaha dengan dagangan kaki lima.

Berangkat dari khas tradisional, Teguh berminat untuk melestarikan kuliner sekaligus mempopulerkan Nasi Gandul di Batam.

Meski usaha dagang kaki lima, kedai Taguh Arum juga menyajikan menu seperti ayam penyet, ayam sambel, serta lele goreng dan nasi goreng. Serta minuman seperti teh dan milo.

Sebagaimana Nasi Gandul yang penuh aroma rempah-rempah alami, penyajiannya menggunakan daun pisang.

Teguh mengatakan, Nasi Gandul dapat mengobati kerinduan para perantau akan cita rasa tradisionl khas Pati. Juga bagi para penikmat kuliner nusantara di Batam.

“Kita hadirkan Nasi Gandul di Batam. Kawan-kawan perantauan, apalagi orang Jawa banyak di Batam, termasuk penikmat kuliner Nusantara,” ujarnnya.

Bagi pencinta kuliner khas Pati bisa mencicipi Nasi Gandul di kedai Tejo Arum, di samping perempatan Simpang Empat Sincom, berdekatan dengan Panasonic, dan perumahan PLN Batam Centre.

“Selain nikmat, harga yang kami tawarkan sangat terjangkau,” ujar Teguh.(put)