Siapa Anak Tempatan yang Berpeluang Nyalon Pilwako Batam?

(dokumen)

(dokumen)

Batam (HK) – Riuh Pemilihan Walikota Batam sudah terasa jauh hari. Kendati puncak pencalonannya masih pertengahan 2020.

Menariknya, isu anak tempatan menguat. Sejumlah tokoh tempatan tertarik ikut kontestasi. Kendati H. Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad adalah pemimpin Batam saat ini. Mereka juga notabenenya masuk kategori anak tempatan.

Diantara tokoh tokoh tempatan itu antara lain, Chandra Ibrahim (Ketua PWI Kepri), Ruslan Ali Wasyim (Ketua Golkar), Iman Sutiawan (Ketua Gerindra), Abdul Basyid Has (Ketua PKB Kepri), Hj. Asnah (Politisi Gerindra), Zukriansyah Zulkarnain (Politisi PAN),

Dari sejumlah tokoh tersebut, bagaimana posisi peluang mereka bisa ikut kontestasi Berikut faktanya.

Pertama, Chandra Ibrahim. Ia merupakan Ketua PWI. Wartawan senior ini cukup diterima masyarakat. Buktinya road show politik Chandra kepada elemen masyarakat mendapat respon positif. Ia tinggal selangkah lagi bisa ikut kontestasi jika dapat dukungan partai. Sebagai wartawan, selama ini dirinya tidak nyemplung ke pentas politik karena terikat kode etik.

Kedua, Iman Sutiawan. Mantan pegawai Otorita Batam ini selain Ketua Gerindra Batam, Iman merupakan Wakil Ketua III DPRD Batam. Ia tercatat dua kali dipercaya jadi wakil rakyat yakni periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Ketiga, Abdul Basyid Haz (Ketua PKB Kepri). Tokoh Nahdliyin ini sangat familiar di Batam. Ia tercatat pernah maju sebagai Calon Walikota Batam beberapa waktu lalu. Berpasangan dengan Richard Pasaribu, Basyid belum beruntung saat itu. Kendati demikian, Basyid tetap eksis di pentas politik Batam dan termasuk tokoh yang diperhitungkan di Batam.

Keempat, Zukriansyah Zulkarnain yang kerab disapa JJ. Beberapa kali Pilkada langsung, nama JJ kerab digadang-gadang untuk ikut bertarung. Namun baru kali ini dirinya menyatakan keseriusan untuk maju. Mungkin JJ menghitung saat inilah waktu yang tepat untuk all out masuk ke Engku Putri.

Kelima, Hj Asnah. Kiprah Politisi Partai Gerindra ini sudah cukup teruji. Nama Hj Asnah belakangan kian menggaung. Ia tercatat dua wanita yang telah dua kali mencicipi gedung DPRD Kepri. Peluangnya kian terbuka ikut kontestasi karena kabarnya Partai Hanura bakal mengusungnya.Asnah sendiri juga sudah mendeklarasikan diri maju Pilwako Batam beberapa waktu lalu. Ia berusaha kali ini bisa ikut pesta demokrasi.

Keenam, Ruslan Ali Wasyim. Karir politik Ketua Golkar Batam ini tengah menanjak. Ia pun menapaki tangga politik dari bawah. Masuk di DPRD Batam pada 2009 masih berstatus Ketua PC Golkar Nongsa. Selanjutnya ia dipercaya sebagai Wakil Ketua Golkar Batam saat terpilih kedua kalinya jadi anggota DPRD Batam 2014. Pada 2019, Ruslan kembali dipercaya sebagai anggota DPRD Batam.

Partai Golkar yang meraih pimpinan dewan pada 2019 ini, Ruslan pun diamanahkan partai berlambang pohon beringin ini untuk duduk sebagai Wakil Ketua II DPRD Batam.

Sekarang ketika berada di puncak karir politiknya, Ruslan pun didorong maju Pilwako Batam.

Menyadari dorongan itu, Ruslan gerak cepat. Ia pun mempersiapkan diri dengan membangun komunikasi politik dengan berbagai kalangan.

Lantas siapakah tokoh tempatan yang bakal mendapat tiket pada Pilkada 2020 nanti? Menarik untuk ditunggu. (rg)