Wujudkan Cita-cita Otonomi Daerah

Rapat Paripurna Isteiewa dalam rangka HUT ke-18 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Paripurna DPRD Kota Tanjungpinang, Kamis (17/10). (ricobarino/haluankepri.com)

Rapat Paripurna Isteiewa dalam rangka HUT ke-18 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Paripurna DPRD Kota Tanjungpinang, Kamis (17/10). (ricobarino/haluankepri.com)

  • HUT ke-18 Kota Otonom Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HK) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT ke 18 Kota Otonom Tanjungpinang yang diselenggarakan di Ruang Utama Paripurna DPRD Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Kamis (17/10/2019).

Paripurna istemewa tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Yuniarni Pustoko Weni didampingi Wakil Ketua II Hendra Jaya beserta seluruh Anggota DPRD Kota Tanjungpinang. Paripurna terbuka ini juga dihadiri oleh Plt Gubernur Kepri diwakili Asisten ll Bidang Ekonomi, Syamsul Bahrum dan Walikota Tanjungpinang Syahrul serta Wakil Walikota Rahma dan seluruh Kepala OPD dilingkunagn Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

Tampak juga mantan Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, Unsur Pimpinan DPRD Provinsi Kepri, Ketua LAM Provinsi Kepri, LAM Kota Tanjungpinang, tokoh masyarakat, serta Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Tanjungpinang, Ormas dan LSM, para Camat dan Lurah se-Tanjungpinang dan undangan lainnya.

Syahrul dalam kesempatan itu menyampaikan tepat 18 tahun lalu Tanjungpinang ditetapkan menjadi kota otonom melalui undang-undang nomor 5 tahun 2001, apresiasi dan penghargaan sepatutnya diberikan kepada semua pihak yang terlibat baik yang terlibat perjuangan pembentukan kota otonom maupun pihak yang berperan aktif membangun kota Tanjungpinang.

“Tujuan otonom daerah adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan data saing perekonomian daerah,” kata Syahrul.

Kemudian disampaikan Syahrul, memasuki tahun ke dua pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), dalam peringatan HUT otonom ke 18 itu, Syahrul mengingatkan kepada semua OPD untuk menjadikan sebagai bahan evaluasi terhadap pencapaian target sesuai visi misi.

“Terus berbenah dalam penataan, pelayanan masyarakat di berbagai bidang sehingga Tanjungpinang dapat sejajar dengan kota-kota lain di Indonesia,” ucapnya.

Selanjutnya, ucap Syahrul, menuturkan sisi akuntabilitas kinerja Pemko Tanjungpinang berhasil dan mendapatkan predikat penilaian sangat baik oleh kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan RB) terhadap laporan akuntabilitas kinerja lima tahun berturut-turut sejak 2014.

“Termasuk dalam mengendalikan inflasi daerah dan menjaga saya beli masyarakat pada bulan Juli 2019 lalu berhasil memperoleh penghargaan sebagai tim pengendali inflasi terbaik se Sumatera,” ungkapnya.

Dalam perjalanan Kota Otonom masih banyak yang perlu dibenahi, tantangan, dan problematika pembangunan Kota Tanjungpinang pada berbagai sektor yang masih harus diselesaikan.

“Kepada semua elemen di Kota Tanjungpinang agar tidak mengendurkan semangat pengabdian , terus bekerja keras, dalam mewujudkan cita-cita otonomi Kota Tanjungpinang,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten II Syamsul Bahrum membacakan pidato Gubernur Kepri yang mengucapkan selamat kepada Pemko Tanjungpinang dalam momentum HUT Kota Otonom Tanjungpinang yang ke 18 ini.

Selain itu, ia juga mengajak Pemko Tanjungpinang dan seluruh komponen masyarakat dengan rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta tekat yang kuat, untuk mewujudkan cita-cita dalam memajukan Provinsi Kepri dan mensejahterakan masyarakat segera terwujud.

“Kedepan diharapkan adanya kerjasama lebih baik lagi antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan Pemko Tanjungpinang. Meningkatkan sinergitas sebagai ibu kota Provinsi Kepri. Salah satunya sinergitas dalam pembangunan,” pungkasnya. (rco)