Tahun Depan Kemnaker bangun BLK di Batam

KEPALA Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Jumat (18/10/2019) di Batam Centre.Foto:Damri/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Batam pada tahun depan.

Dimana pada pekan depan lahan untuk pembangunan BLK itu akan dihibahkan oleh
Kabil Industrial Estate (KIE), yaitu seluas 4 hektare dari untuk pembangunan BLK tersebut.

“Lahan itu lokasinya di kawasan industri KIE Nongsa. Rencananya pekan depan tanda tangan MoU-nya di Batam,” ucap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Jumat (18/10/2019) di Batam Centre.

Dikatakan Rudi, dengan adanya penyerahan lahan itu maka proses pembangunan BLK oleh Kemenaker RI akan bisa segera dilakukan, yakni tahun 2020 mendatang.

“Adapun untuk anggarannya Kemnaker sudah menyiapkan untuk pembangunan BLK itu. Adapun jumlah anggaran yang disiapkan sekitar Rp 17 miliar,” ucap Rudi.

Dijelaskannya, keberadaan BLK itu sangat penting untuk Batam, karena Batam adalah sebagai kota industri, sehingga BLK itu dapat dimanfaatkan oleh pencari kerja dan juga para pekerja dalam meningkatkan kompetensinya.

Nantinya di BLK itu direncanakan untuk beberapa pelatihan, yakni seperti pelatihan bidang kemaritiman dan aviasi, numun tidak menutup kemungkinan akan berkembang seiring perkembangan industri yang ada di Batam kedepannya.

“Pertam awalnya ke welder, karena welder itu yang masih kekurangan di Batam. Kemudian juga untuk menunjang Maintenance Repair Overhaul (MRO1) yang akan dibangun di sekitaran bandara,” pungkasnya.(dam)