Pulau Laut Masih Perlu Operasional Rujukan Orang Sakit

Puskesmas Pulau Laut. Kecamatan ini masih memerlukan anggaran operasional rujukan. (istimewa)

Puskesmas Pulau Laut. Kecamatan ini masih memerlukan anggaran operasional rujukan. (istimewa)

NATUNA (HK) – Layanan Kesehatan Pulau Laut terus ditingkatkan. Langkah yang dilakukan diantaranya, pembangunan gedung Puskesmas, pengadaan tenaga medis (dokter, perawat dan bidan) dan sarana medis lainnya.

“Alhamdulillah sektor kesehatan di tempat kami semakin baik. Baru kemarin ada tambahan dokter satu orang, jadi kami di Pulau Laut ada dua dokter sekarang yang terdiri dari seorang dokter umum dan satu lagi dokter gigi. Meskipun jumlah dokter ini kurang ideal karena kami perlu dua orang dokter umum, tapi cukup lah,” kata Camat Pulau Laut, Sudirman melalui telepon di Pulau Laut, Rabu (23/10/2019).

Namun begitu, Camat Sudirman mengakui masih ada yang kurang dalam upaya pelayanan kesehatan masyarakat ini. Kekurangan itu disebutnya berupa anggaran dan sarana untuk rujukan orang sakit belum ada sampai saat ini.

“Tinggal biaya rujukan yang belum. Sebenarnya ini juga merupakan hal dasar yang sangat diperlukan pada pelaksanaan layanan kesehatan,” sambungnya.

Salama ini, kegiatan rujukan orang sakit dilaksanakan dengan operasional dan pompong dinas kecamatan. Langkah ini diambil dengan alasan darurat yakni membantu penyelamatan dan pengobatan orang sakit.

“Padahal ini sudah berkali-kali diusulkan agar dianggarkan. Cuma sampai sekarang belum terealisasi. Kita maklum mungkin kekuatan anggaran belum terjangkau,” ungkapnya.

Berdasarkan pengalamannya selama ini, ia memperkirakan anggaran untuk rujukan orang sakit itu dari Pulau Laut ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna sekitar Rp 120 juta dalam setahun. Karena selama ini kegiatan rujukan dilaksanakan menggunakan pompong operasional kecamatan.

“Harapan kami tahun 2020 keperluan ini bisa tercover di APBD. Kalaupun tidak bisa semuanya, setengah dari anggaran itu juga tidak apa – apa, karena sudah terasa saangat membantu. Sehingga pelaksanaan rujukan dari tempat kami bisa lebih lancar dan pertanggungjawabannya jelas,” harap Camat Sudirman. (fat)