by

Kemenag Batam “Maghrib Mengaji” di Masjid At-Taqwa Nongsa

Batam (HK) – Program Maghrib Mengaji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam terus berlanjut. Akhir pekan lalu, program itu dilaksanakan di Masjid At-Taqwa, RT 02/RW 04, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam, pada, Jum’at (25/10/2019).

Diketahui, aktivitas mengaji dan membaca AlQur’an di masjid setiap habis Maghrib telah menjadi tradisi dan budaya umat Islam di Indonesia sejak lama. Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi baik ini mulai banyak ditinggalkan. Gerakan Maghrib Mengaji merupakan program dari Kementerian Agama untuk membudayakan kembali tradisi membaca Al-Quran setelah shalat Maghrib di kalangan masyarakat muslim.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nongsa, Yendra Yepi, dalam sambutannya mengatakan, rombongan dari Kemenag Batam berkeliling mengunjungi masjid yang ada di Kota Batam, baik yang berada di wilayah mainland maupun hinterland.

Dijelaskannya, ada dua program yang rutin dilaksanakan yakni Maghrib Mengaji dan Subuh Keliling.

“Kunjungan pada waktu Maghrib disebut dengan gerakan Maghrib Mengaji, sedangkan pada waktu subuh disebut dengan Gerakan Subuh Keliling. Program ini sudah lama berjalan,” ujarnya.

Tujuan lain dari program itu, lanjut Yendra Yepi, untuk menjalin silaturrahmi dengan pengurus masjid dan jamaah masjid yang ada di Batam.

“Mengajak masyarakat muslim untuk memakmurkan masjid dengan shalat berjamaah di masjid. Serta, mengajak masyarakat muslim untuk mengaji atau membaca AlQur’an. Harapan masyarakat, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinu,” tuturnya lagi.

“Dengan membaca AlQur’an dan memahami isinya, mudah-mudahan Allah SWT berikan keberkahan dan kekuatan untuk mengamalkannya, sehingga kebahagiaan di dunia dan keselamatan di akhirat dapat diraih,” pungkas Yendra Yepi. (fhy/r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed