by

Jerman Minta Sabut Kelapa Natuna, Ini Tanggapan Warga

NATUNA (HK) – Sejumlah kalangan di Natuna menyambut positif permintaan Jerman akan sabut kelapa dari kabupaten itu. Diketahui, sebelumnya, Bupati Natuna, Hamid Rizal menyampaikan jika Jerman menginginkan sabut kelapa Natuna dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan industri negara itu.

Hal ini diyakni warga sebagai peluang bagus karena Natuna memiliki potensi untuk memenuhi permintaan itu.

“Kami senang dengan kabar itu. Kalau seandainya ini benar-benar bisa ditindaklanjuti, saya rasa Natuna bisa memenuhinya,” kata Abdillah seorang warga Ranai di kantor DPRD Natuna, Selasa, kemarin.

Meskipun permintaan dari Jerman tidak sedikit yakni 2000 ton per bulan, Abdillah mengaku optimis permintaan itu bisa dipenuhi oleh Natuna.

“Dasar kita untuk menggeluti usaha itu sudah ada, hanya saja mungkin harus ada pengembangan kalau memang ini benar bisa dijalankan. Sabut di mana-mana ada di Natuna kok,” tegasnya.

Ia berpendapat, pengelolaan usaha sabut itu idealnya diserahkan ke desa karena desa disebutnya berkompeten menangani urusan sabut itu ditingkat lapangan.

“Baiknya usaha ini diserahkan saja ke BUMDes karena lembaga desa ini andal untuk menangani hulunya. Nanti kan ada lembaga yang mengakomodirnya untuk didistribusikan ke Jerman,” paparnya.

Abdillah berharap peluang ini bisa difollow up oleh pemerintah dan lembaga usaha yang ada di Natuna agar bisa terwujud.

“Kalau ini bisa jalan, banyak orang dapat berusaha dan bekerja, tinggal dipastikan dengan pihak Jerman. Maka kami berharap betul itu bisa terealisasi,” pungkasnya. (fat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed