by

Kepala Sekolah di Lingga Banyak yang Belum Sarjana

Lingga (HK) – Banyak kepala sekolah di Kabupaten Lingga belum mengantongi ijazah sarjana (Starata 1) seperti yang telah disyaratkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) melalui surat edarannya nomor 18356 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

“Saya sudah pernah ingatkan kepala daerah soal ini. Namun, sampai hari ini beberapa kepala sekolah tersebut masih menjabat,” kata mantan anggota DPRD Lingga, Rudi Purwonugroho, Senin (4/11/2019).

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa aturan tersebut sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, yang tertuang dalam Bab II, pasal 2, di point pertama.

Ia mengatakan, jika pemerintah daerah tidak segera mengindahkan surat edaran tersebut, maka para kepala sekolah yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana surat edaran tersebut, maka pengangkatan kepala sekolah tersebut tidak sah dan bertentangan dengan aturan pemerintah pusat.

“Dalam aturan itu, kepala sekolah juga tidak dapat menandatangani bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS), penerbitan rapor, penerbitan ijazah, dan tidak berhak atas tunjangan kepala sekolah,” ujarnya.

Dihubungi terpisah Kepala Dinas Pendidikan, Lingga, Junaidi Adjam membenarkan informasi tersebut, tapi, menurutnya beberapa kepala sekolah yang belum sarjana tersebut saat ini sedang mengurus penyesuaian ijazah, karena mereka diangkat saat sedang melaksanakan kuliah.

“Kami juga sedang melakukan verifikasi dan pemetaan bagi guru dan kepala sekolah yang belum sarjana tersebut,” ujarnya.*

(sumber: antarakepri.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed