Menakar Peluang Irjen Andap Budhi Jabat Kabareskrim

Aldi Samjaya

Aldi Samjaya

  • Oleh: Aldi Samjaya, Pemimpin Redaksi Haluan Kepri

Sudah menjadi kelaziman di institusi Polri, bahwa mereka yang menjabat Kapolda Metro Jaya, merupakan figur yang diproyeksikan menempati posisi Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) dan hampir sebagian besar jendral yang menempati posisi Kapolri, sebelumnya berasal dari Kabareskrim.

Kendati demikian, juga pernah terjadi, mereka yang ditunjuk sebagai Kabareskrim, bukan berasal dari Kapolda Metro jaya.

Menyikapi hal tersebut, tentunya posisi Kabareskrim yang lowong pasca ditinggal Jendral Idham Aziz yang telah ditunjuk menjadi Kapolri, juga berpeluang ditempati oleh Kapolda Kepri, Irjen Andap Budhi Revianto.

Jika dilihat dari berbagai aspek, Andap Budhi mumpuni dan layak menyandang posisi jendral bintang tiga tersebut. Dari aspek riwayat jabatan, Andap Budhi tiga kali menjabat Kapolda, yakni Kapolda Sultra (tipe-B), Kapolda Maluku (tipe-A) dan terakhir Kapolda Kepri (tipe-A). Bahkan sepanjang penugasannya sebagai Kapolda di tiga wilayah ini, Andap tergolong sukses dan berhasil menciptakan stabilitas keamanan yang sangat terkendali.

Kemudian dilihat dari latar belakang satuan di Polri, Irjen Andap merupakan Reserse tulen. Sepanjang kariernya di Polri, mayoritas dihabiskan di dunia reserse. Terhitung pria kelahiran Jakarta tahun 1966 ini pernah menjabat Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, Kapolres Karawang, Dir Reskrim Polda Banten, Kapolres Metro Jakarta Utara, Dir Reskrimum Polda Sumut dan Wadirtipidter Bareskrim Polri.

Selanjutnya dari aspek senioritas, Irjen Andap, merupakan alumnus Akpol 88-B, merupakan yunior paling senior dari alumnus Akpol 88-A yang merupakan tahun tamatan Kapolri Jendral Indham Aziz. Artinya, dalam rangka berjalannya kaderisasi di tubuh Polri, sebaiknya figur Kabareskrim merupakan yunior dari Kapolri Jendral Idham Aziz dan berasal dari angkatan paling senior.

Sehingga figur dari alumni Akpol 1988-B sangat layak dan pas untuk menempati posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Jendral Idham Aziz.

Jika dilihat dari komposisi Akpol 88- B yang dikenal dengan Adhi Pradana ini, terdapat 7 sosok yang saat ini menempati posisi strategis di Polri, yakni: Irjen Ricko Amelza (Kapolda Jateng- Adhi Makayasa), Irjen Yazid Fanani (Kapolda Kalsel), Irjen Priyo W (Kapolda Kaltim), Irjen Rudi Sufahriadi (Kapolda Jabar), Irjen Purwadi A (Kapolda Lampung), Irjen Agung Setya (Kapolda Riau) dan Irjen Andap Budhi Revianto (Kapolda Kepri).

Jika, jabatan Kabareskrim diberikan kepada alumnus Adhi Pradana, tentunya posisi tersebut bakal diperebutkan oleh jendral bintang dua di atas. Apalagi dalam rangka pertimbangan kaderisasi dalam organisasi Polri, sudah saatnya jika alumnus Akpol 88-B ada yang menembus posisi atau job Komisaris Jendral (Komjen). Karena sampai saat ini, belum satu orangpun alumnus 88-B yang mencapai pangkat Komjen.

Jika posisi Kabareskrim dipercayakan kepada salah seorang alumnus Akpol 88- B, maka praktis yang bersangkutan, menjadi peraih pangkat Komjen pertama di Akpol 88-B. Mungkinkah sang Kapolda Kepri, Irjen Andap Budhi Revianto? ***