Tahun Depan ,FBK Tak Masuk Kalender Even Nasional

PLT Gubernur Provinsi Kepri H Isdianto saat membuka Festival Bahari Kepri FBK tahun 2019 di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang,Selasa (5/11) malam.Eva Fransiska/Haluan Kepri

TANJUNGPINANG (HK)- Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kepri mengatakan bahwa tahun 2020 mendatang, Festival Bahari Kepri FBK tak lagi masuk menjadi bagian kalender of event pariwisata Nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar saat membuka FBK Kepri tahun 2019 di Gedung Daerah Tanjungpinang,Selasa (5/11) malam kemarin.

“Untuk tahun depan , FBK Kepri taklagi masuk ke Calender of event pariwisata Nasional seperti tahun ini,” ungkap Buralimar.

Namun begitu, Pelaksanaan FBK Kepri tetap menjadi event pariwisata Kepri yang diselenggarakan tiap tahunnya.

“Dari 7 event pariwisata Kepri yang masuk pada Calender Of Event Nasional tahun 2019, dua diantaranya tidak masuk lagi di tahun 2020,” tegas Buralimar.

Sementara itu,Plt Gubernur Provinsi Kepri H Isdianto mengaku sedikit kecewa dengan tidak masuknya FBK sebagai event pariwisata Nasional tahun 2020.

“Kita berharap dapat mempertahankan seluruh Event pariwisata Kepri dalam Calendar Of Event Nasional tahun 2020,namun keputusan Menteri Pariwisata mungkin memiliki pertimbangan lain,” tegas Isdianto.

Isdianto mengatakan bahwa meskipun tak masuk dalam Kalender Of Event Nasional tahun 2020, Pemerintah Provinsi Kepri akan tetap menyelenggarakan FBK ini sebagai event pariwisata tahunan Kepri.

“Kita akan terus mendorong dan mendukung agar event pariwisata Kepri dapat lebih baik lagi dan mampu meningkatkan jumlah wisman ke Kepri,”ungkap Isdianto.

Sedangkan Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Bidang Pemasaran Wisata dan Calender Of Event Nasional Esti Reko Astuti mengatakan bahwa alasan tidak masuknya FBK Kepri dalam Calendar Of Event Nasional tahun 2020 dikarenakan banyak bermunculan berbagai event pariwisata di Indonesia.

” Kuota Calender Of Event Nasional kita tidak bisa ditambah, ditengah tumbuh dan berkembang nya even pariwisata di Indonesia,” ujar Esti.

Esti juga berharap agar pemerintah Provinsi Kepri lebih meningkatkan even pariwisata di Kepri, namun dengan berbagai kriteria baik itu inovasi,kreasi dan penyajiannya yang mampu menarik kunjungan wisman ke Kepri.

“Serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kepri melalui pariwisata tersebut,”ungkap Esti.(Efr)