UPT Samsat Batam Centre Raih Penghargaan dari Menpan RB

KEPALA UPT PPD Batam Centre, Vira Jiansa Respaty menerima piagam penghargaan dari Menpan RB. Foto: Ist

BATAM (HK) – UPT Samsat Batam Centre, Provinsi Kepri raih penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB), Kamis (7/11/2019) di Hotel Aston Batam.

Penghargaan yang diterima langsung oleh Kepala UPT PPD Batam Centre, Vira Jiansa Respaty itu adalah sebagai role model penyelenggara pelayanan publik kategori baik tahun 2019.

Kepala UPT PPD Batam Centre, Vira Jiansa Respaty mengatakan bahwa sebelum dia menerima penghargaan itu tim dari Menpan RB datang ke kantor UPT Samsat Batam Centre untuk melakukan penilaian.

Adapun indikator penilaiannya itu diantaranya adalah, pertama terkait dengan kebijakan pelayanan. Kedua profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM). Ketiga, sarana dan prasarana. Keempat, sistem informasi pelayanan publik. Kelima, mengenai konsultasi dan pengaduan. Keenam, inovasi.

“Alhamdulillah indikator-indikator itu kita mendapat nilai bagus, yaitu B oleh tim Menpan RB di wilayah regional I,” ucap Vira kepada awak media, Jumat (8/11/2019) sore di kantornya.

Dikatakan Vira, penghargaan yang diterima oleh UPT Samsat Batam Centre itu adalah penghargaan pertama kalinya dari Menpan RB, ditahun 2018 lalu yang mendapatkan penghargaan adalah Samsat Tanjung Pinang, yaitu dengan nilai C.

Penghargaan itu bisa diraih dikarenakan setiap tahunnya UPT Samsat Batam Centre terus meningkatkan pelayanan yang lebih dan lebih lagi kepada masyarakat, yakni pelayanan dari tahun ketahun selalu ditingkatkan.

“Insyaallah untuk selanjutnya kami akan selalu terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan cara yang terbaik lagi. Kami akan membuat terobosan-terobosan baru dan bakal menambah titik-titik pelayanan lagi,” ujar putri pertama dari Soerya Respationo itu.

Menurutnya, penghargaan itu bisa diraih tidak terlepas dari usaha dan kinerja timnya yang solid dan juga dari instansi terkait, seperti kepolisian, Jasa Raharja dan lain-lainnya.

“Tanpa adanya kerjasama yang baik dari tim dan instansi terkait maka nilai yang baik dan penghargaan itu tidak akan bisa didapatkan,” pungkasnya.

Ditambahkanya, bahwa di UPT Batam Centre itu melayani pajak kendaraan bermotor, balik nama kendaraan bermotor dan juga pajak air permukaan.

Adapun untuk titik pelayanan diantaranya adalah samsat corner di mall-mall, yakni di Harbour Bay Mall, DC Mall, Kepri Mall, BCS Mall dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam.

“Selain itu ada juga drive thru, yakni membayar pajak tanpa turun dari kendaraan. Sedangkan layanan dengan armada adalah Bus samsat keliling, mobil samsat keliling dan juga ada samsat bergerak,” tutupnya. (dam)