Kepri Provinsi Pertama Launching Pemilihan Pilkada Serentak 2020

KETUA KPU RI, Arief Budiman foto bersama dengan Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto dan Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati. Foto: Damri/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Provinsi Kepri adalah pertama di Indonesia yang melakukan launching pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak untuk tahun 2020 mendatang, karena Kepri telah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Hal itu disampaikan oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman dalam acara launching pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Provinsi Kepri. Jumat, (8/11/2019) di alun-alun Engku Putri Batam Center.

Dikatakan Arief, keberhasilan itu harus terus disebarluaskan, saat ini Kepri menginspirasi daerah lain, yakni diharapkan daerah lainnya juga untuk segera menyelesaikan penandatangan NPHD nya.

Bahkan launching itu juga launching pertama kalinya dalam Pilgub dari 9 Provinsi yang akan melaksanakan pilkada pada 2020 mendatang.

Mudah-mudahan aspirasi yang muncul dari Kepri ini untuk daerah lainnya juga bisa mensegerakannya.

“Hal ini juga sebagai tanda bahwa KPU mulai fokus terhadap proses awal Pilkada. Proses Pilkada ini sendiri akan dimulai KPU Daerah dengan perencanaan anggaran hingga sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya. (dam)