Anak-Anak Bangsa Jadilah Pahlawan Masa Kini

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad foto bersama dengan FKPD Kota Batam selesai upacara. (damri/haluankepri.com)

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad foto bersama dengan FKPD Kota Batam selesai upacara. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) – “Dengan Peringatan Hari Pahlawan, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 ini, yaitu Aku Pahlawan Masa Kini.”

Hal itu disampaikan oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Batam, Kolonel Laut (P) Alan Dahlan membacakan amanat Menteri Sosial RI, saat menjadi inspektur upacara peringatan hari pahlawan 2019 Tingkat Kota Batam di lapangan apel Mako Lanal Batam, Minggu (10/11/2019).

Dikatakan Alan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI.

Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah.

“Tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagaj bidang kehidupan. memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa dimata intenasional,” ucap Alan.

Seterusnya kata Alan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Sebagaimana ungkapan Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargal jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

Sebab, kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia,” pungkasnya.

Setelah upacara selesai, peringatan hari pahlawan tingkat Kota Batam itu dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di Dermaga TNI AL Batam. Acara itu turut dihadiri oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dan FKPD Kota Batam. (dam)