DPRD Diharapkan Semakin Diakui Pemerintah

Harmidi Umar Husen (damri/haluankepri.com)

Harmidi Umar Husen (damri/haluankepri.com)

BATAM (HK) – DPRD adalah sebuah lembaga penyelenggara pemerintahan daerah yang dilindungi oleh undang-undang dan anggotanya dipilih oleh masyarakat.

Oleh karena itu diharapkan lembaga DPRD Kota Batam kedepannya semakin diakui oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan juga masyarakat Batam, yakni sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya, yaitu kontroling, legislasi serta budgeting.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Batam, Harmidi Umar Husein kepada Haluankepri.com disela-sela perayaan HUT DPRD Kota Batam yang ke 19 di halaman kantor DPRD Kota Batam, Minggu (10/11/2019).

Dikatakan Harmidi, bahwa pihaknya tidak butuh dihormati oleh mitra kerjanya, tapi dihargai, yakni kalau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam diudang untuk rapat maka pimpinan OPD nya diharapkan untuk hadiri langsung, jangan cuma mengutus bawahan saja.

Kalau undangan anggota dewan saja tidak dipenuhi, bagaimana dengan undangan masyarakat biasa, bagaimana pula bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Memang DPRD bukan atasan dari OPD, yaitu seperti Camat, Lurah dan dinas-dinas, tapi harus dipahami tanpa adanya legislatif maka eksekutif tidak akan bisa berjalan, oleh karenanya Pemerintah dan DPRD harus bersinergi.

“Selama ini dan khususnya di komisi I DPRD Kota Batam ketika OPD diundang untuk rapat menyelesaikan permasalahan masyarakat tidak dihadiri oleh pimpinannya, cuma mengutus Kabidnya dan Kasinya saja,” ungkap politisi Gerindra itu.

Begitu juga sebaliknya katanya, DPRD Kota Batam diharapkan juga makin bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Umur DPRD yang ke 19 tahun itu diharapkan bertambah dewasa dari segi pemikiran seluruh anggota DPRD Batam.

“DPRD ini adalah lembaga politik, oleh karenanya anggota DPRD Batam jangan ketika berkepentingan saja membela masyarakat, sebab amanah yang diberikan rakyat itu harus dijalani dan pemerintah sudah memberikan gaji,” pungkasnya. (dam)