by

7 Komplotan Begal Batam Berhasil Dibekuk

BATAM (HK) – Unit Reskrim Polsek Batamkota, berhasil mengamankan tujuh orang komplotan sebagai si pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), atau begal. Sehingga, dua diantaranya dilumpuhkan dengan timah panas.

Ketujuh orang pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka diantaranya Dedi Saputra Lubis (26), Lutfi Yudistira (19), Ariesco Levy Saputra (21), M. Leo (20), Musryadi (19), Andi M. (19), serta Juliadi (22), dengan barang bukti (BB), berupa 3 bilah senjata tajam, 4 unit sepeda moto, dan satu unit handphone yang berhasil diamankan.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo SIK, MH, mengatakan, pengamanan 7 pelaku ini setelah sebelumnya melakukan aksi tindak pencurian dengan kekerasan atau begal di Kawasan Botania, Kecamatan Batamkota.

“Jadi mereka ini rata-rata geng motor dan saat mereka berkumpul, diadakan pesta miras. Lalu setelah miras habis, mereka bersepakat untuk melakukan begal disekitar Wilayah Batamkota atau di Kawasan Botania,” kata AKBP Prasetyo di Mapolresta Barelang, Senin (11/11) siang.

Hasil pemeriksaan terhadap ketujuh pelaku ini, ungkapnya, diketahui mereka telah melakukan curas sebanyak 3 kali, diantaranya di Kawasan Harmonie One, Politeknik Batam dan Kawasan Botania 2.

“Dalam beraksi itu rata-rata mereka melakukan diatas pukul 00.00 WIB, dengan menggunakan senjata tajam (sajam) berupa pisau dan golok. Sehingga korban tidak berani untuk melawan,” papar Kapolresta Barelang, didampingi Kasat Reskrim, AKP Andri Kurniawan dan Kapolsek Batamkota.

Diungkapkan AKBP Prasetyo ini, yang menjadi otak tindakkan kriminal Curas ini adalah Dedi. Sehingga, yang bersangkutan terpaksa harus dilumpuhkan dengan tembakan yang terukur.

“Otak pelaku curas dan begai ini, terpaksa kita tembak. Lantaran, disaat proses penangkapan tersebut, si Dedi sempat kabur dengan senjata tajam dan ketika ditangkap itu, dia melakukan perlawanan,” paparnya.

Atas perbuatan para tersangka, ucap Prasetyo, ketujuh remaja pengangguran akan dikenakan
dengan Pasal 365 Ayat 2 terkait kejahatan dan permufakatan kriminal murni.

“Ketujuh tersangka ini akan terancam dengan hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun, dan paling singkat 5 tahun kurungan penjara,” ujar Kapolresta Barelang.

Terkait munculnya kasus Curas dan Begal ini, pungkas Prasetyo, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Batam, lebih berhati-hati.

“Tingkatkan kewaspadaan diri maupun kehati hatian. Terutama ketika kita berkendara pada malam hari,” sebut Kapolresta Barelang.(vnr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed