Tol Laut Akan Sandar di Pelabuhan Letung, Ini Kata Kadis DKUMPP

Tol Laut saat sandar di Pelabuhan Tarempa. (istimewa)

Tol Laut saat sandar di Pelabuhan Tarempa. (istimewa)

Anambas (HK) – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) berupaya semaksimal mungkin agar Tol Laut dapat sandar di Pelabuhan Letung.

Usman, Kepala DKUMPP Anambas mengatakan, masuknya Tol Laut merupakan salah satu upaya agar stok barang dapat aman jelang musim utara.

“Kita sedang usahakan agar Tol Laut dapat masuk Letung. Dan ini memang permintaan pelaku usaha yang ada disana,” ujar Usman, Senin (11/11/2019)

Untuk mendorong agar itu dapat terealisasi pihaknya, telah dua kali melakukan rapat dan pertemuan dengan pelaku usaha dan pihak kecamatan.

“Untuk pertemuan pertama itu antara pelaku usaha DKUMPP, dan pihak Kecamatan,” tuturnya.

Sedangkan untuk pertemuan kedua lanjut Usman, pihaknya menghadirkan PT. MTI dari Jakarta, karena perusahaan tersebut yang melakukan pengurusan barang lewat tol laut melalui Tanjung Periuk.

Ia menambahkan, pada saat rapat, tanggapan pelaku usaha di Letung cukup positif. Dengan animo tersebut pihaknya meminta kepada Kementrian Perhubungan agar tol laut dapat singgah di Pelabuhan Letung.

“Guna kami melakukan pertemuan dengan pelaku usaha guna memastikan betul pelaku usaha yang ada disana mau mengirim barang melalui tol laut. Kami tidak mau setelah kapal singgah di Letung tetapi nanti tidak ada pelaku usaha yang mengirimkan barangnya lewat tol laut. Bisa-bisa trayek yang ke Letung dicabut kembali,” katanya. (yud)