by

Batam Mampu Memenuhi 7 Ton Cabe Hijau Perhari

BATAM(HK)-Memenuhi kebutuhan pangan di Kota Batam, produksi pertanian Kota Batam mampu memenuhi kebutuhan cabe hijau 7 ton perhari. Hal tersebut disampaikan kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Mardanis, Selasa sore, (12/11)

Dikatakan Mardanis, produksi pertanian Batam, berada di wilayah Barelang dan Sei Beduk. Produksi pertanian tersebut dihasilkan sejumlah kelompok-kelompok tani. Baik itu sayur mayur, serta buah-buahan.

Jumlah kebutuhan cabe di kota Batam untuk cabe hijau yakni 20 ton perhari. Dari jumlah tersebut, pertanian di wilayah Batam sudah mampu memenuhi 7 ton perhari.

“Perhari, petani di Barelang dan Sei Beduk mampu memenuhi 7 ton cabe perhari,”ujarnya.

Menurut Mardanis, dengan adanya produksi pertanian tersebut, maka kebutuhan masyarakat kota Batam akan cabe dapat di stock. Setidaknya dapat menekan inflasi harga cabe dipasaran.

Sedangkan untuk cabe merah, kata Mardanis petani di Batam baru mampu memenuhi 500 kg perhari.

“Dari jumlah luas lahan yang ada 30 ha. Petani cabe dapat memenuhi kebutuhan cabe merah hanya 500 kg perhari,”ujarnya.

Menurutnya, sesuai arahan pak Wakil Wali Kota, produksi pertanian tersebut dapat digenjot. Yang penting ada kebijakan anggaran dari pemerintah.

“Yang penting bisa, kebijakan anggaran untuk pengembangan pertanian, baik cabe maupun bawang,”ujarnya.

Selanjutnya, dalam waktu dekat, sekaligus momen hari pangan sedunia, pada hari Kamis akan datang, Dinas Ketahanan Pangan kota Batam akan menggelar bazar hasil produksi pertanian di kota Batam.

“Bazarnya hari Kamis akan datang. Semua hasil produksi pertanian di kota Batam,”ujarnya.

Sekilas, bazar tersebut untuk memarketingkan hasil tani di kota Batam. Sekaligus mengenalkan ke masyarakat Batam, bahwa produksi pertanian kota Batam harganya terjangkau.

“Bazar tersebut bekerjasama dengan dinas pertanian provinsi,”pungkasnya.(put)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed