by

Kanwil Kemenag Kepri Bina Guru Sekolah Minggu Buddha

Tanjungpinang (HK) – Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, membuka kegiatan pembinaan guru sekolah minggu Buddha. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pembimbing Masyarakat Buddha Kanwil Kemenag itu dilaksanakan di Hotel Laguna, Tanjungpinang, Rabu (13/11/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut Pembimas Buddha Nyoman Ariawan.

Kakanwil Kemenag Kepri dalam arahannya berharap para peserta dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan baik. Karena menurutnya, guru memegang peranan dan tanggung jawab dalam pengembangan dan pengelolaan pembelajaran terhadap siswa.

“Pendidikan agama, sesuai dengan agama peserta didik sebagai sarana menciptakan peserta didik yang berakhlak mulia, cerdas dan mandiri,” ujar Kakanwil.

Kakanwil mengingatkan agar guru SMB memiliki data peserta didik yang akurat. “Sesuai dengan pesan Menteri Agama, kekuatan terbesar kita adalah pada data yang akurat. Data kita gunakan sebagai basis pembinaan,” sebut Kakanwil.

Kakanwil kembali mengingatkan tentang peran penting guru untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. “Kemenag mengatur proses penyelenggaraan pendidikan agama, termasuk pendidikan agama Buddha yang berkualitas. Oleh karena itu kami menyelenggarakan kegiatan ini,” ucapnya.

Kakanwil pun mendorong peserta untuk mulai merintis pendirian sekolah Buddhis di Kepulauan Riau. “Saya kira Kepri sudah membutuhkan itu, karena jumlah siswa kita banyak. Silahkan dibicarakan, karena banyak tokoh-tokoh Buddha di Kepri yang memiliki kepedulian yang besar terhadap pendidikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Tri Suko, mengatakan tujuan dari pelaksanaan pembinaan guru sekolah minggu Buddha, antara lain meningkatkan peran guru SMB dalam mendidik siswa, menciptakan pembelajaran yang kreatif, menarik dan menyenangkan bagi siswa SMB, dan meningkatkan kreatifitas Guru SMB dalam Pembelajaran.

“Peserta sebanyak 40 orang guru sekolah minggu Buddha se Kepulauan Riau. Tema Pembinaan guru sekolah Minggu Buddha adalah melalui Pembinaan guru sekolah Minggu Buddha kita ciptakan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan”, kata Tri Suko. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed