by

Manajemen Pelayanan Kesehatan se Kepri, Riau dan Jambi Berkumpul di Batam

BATAM (HK) – Puluhan Manajemen pelayanan kesehatan se Provinsi Kepri, Riau dan Jambi berkumpul di Batam, Kamis (15/11/2019) di Haris Hotel Batam Center.

Kegiatan itu dalam rangka melakukan pertemuan dalam upaya kendali mutu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yakni sosialisasi Peraturan Menteri Kesehatan nomor 16 tahun 2019.

Yaitu tetang pencegahan dan penaganan kecurangan (Fraud) serta pengenaan sanksi administrasi terhadap kecurangan (Fraud) dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan.

Direktorat Litbang KPK, Raisa Annisa salah satu pemateri dalam kegiatan sosialiasasi tersebut mengatakan dalam Permenkes nomor 16 tahun 2019 itu dimana didalam aturan tersebut dijelaskan Kecurangan (fraud) dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan dapat dilakukan oleh beberapa pihak.

Yakni, peserta, BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan atau pemberi pelayanan kesehatan, penyedia obat dan alat kesehatan dan pemangku kepentingan lainnya.

Oleh karena itu terbitnya aturan Permenkes nomor 16 tahun 2109 tersebut sebagai upaya meminimalisir fraud atau kecurangan dalam pelayanan.

“Kegiatan bertujuan untuk menyampaikan kepada stek holder terkait tentang pengantisipasian pencegahan dan penanganan kecurangan,” ucap Raisa.

Asisten Deputi Bidang Utilitasasi dan Anti Fraud BPJS Kesehatan, Andi Ashar mengatakan kegiatan itu diprakarsai oleh tim Pencegahan kecurangan pusat, yang terdiri dari BPJS kesehatan, Kementerian Kesehatan, KPK dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan BPKP.

Sosialisasi itu adalah kegiatan awal dengan mengundang berbagai rumah sakit dan instansi yang menjadi mitra BPJS kesehatan dan ini merupakan Sosialisasi tahap awal dan akan dikembangkan lagi dan disosialisasikan ke tahap provinsi masing-masing.

“Sebetulnya saat ini sudah ada timnya, setelah sosialisasi ini akan dilaksana kembali di provinsi masing-masing dan paling lambat pembentukan tim pengawasan fraud di masing-masing provinsi dan kami targetkan paling lambat awal tahun 2020,” pungkasnya. (dam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed