by

Laut Belakangpadang Dicemari Minyak Hitam

BATAM (HK) – Laut Belakangpadang, Kota Batam dicemari minyak hitam pekat. Diduga limbah minyak kapal itu sengaja dibuang oleh oknum tak bertanggung jawab.

Dikutip dari Antara, limbah minyak tersebut menggenangi sekitar pelabuhan, Dataran Lang Lang Laut, hingga sekitar pemukiman rumah warga yang berdiri di atas laut.

“Minyak ini dari kemarin, sampai tadi masih ada,” kata Camat Belakangpadang, Yudi Admaji yang dihubungi saat berada di Pulau Pecong, Kota Batam, Minggu (17/11/2019).

Ia menyatakan telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait pencemaran itu. “Kepala Dinas Lingkungan hidup dan timnya sudah turun mengambil sampel dan melakukan pemetaan,” kata dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam Herman Rozie mengatakan masih mengumpulkan keterangan.

“Sebentar lagi saya kirim datanya,” kata dia yang saat dihubungi saat dalam perjalanan di Pulau Belakangpadang.

Menurut keterangan sejumlah warga, limbah minyak yang diduga berasal dari kapal itu hampir setiap tahun terjadi. Sayang, tidak ada tindakan dari aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas pelaku pembuang limbah tersebut.

“Akhirnya masyarakat yang menjadi korban,” kata salah seorang warga yang mengirimkan beberapa foto limbah minyak yang mencemari laut Belakangpadang ke redaksi haluankepri.com siang tadi. (and)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed