by

Warga Cendana Tolak Pembangunan Tower SUTT

Batam (HK) – Warga Perumahan Cendana Batam Centre menolak pembangunan tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang melintas di depan perumahan tersebut. Berdasarkan informasi, ada dua tower yakni tower 2 dan 3 yang akan dibangun di lingkungan perumahan itu terutama di depan lingkungan RW 09 dan RW 23.

Suparman Joko Utomo, Ketua RW 09 Perumahan Cendana, mengatakan, pemasangan tower tersebut dinilai sangat mengganggu kenyamanan warga.

“Ada sejumlah hal yang dapat mengganggu kenyamanan warga saat tower sudah terpasang dan kabel listrik membentang di depan perumahan ini, diantaranya, estetika perumahan jadi rusak, radiasi yang ditimbulkan dapat menganggu kesehatan warga, lalu, dari sisi ekonomis, perumahan ini pasti mengalami penurunan,” jelas Joko disela-sela warga memasang spanduk penolakan pemasangan tower tersebut, pada, Minggu (17/11/2019).

Dijelaskannya, persoalan itu memang sudah pernah dibicarakan dengan pihak PLN Batam dalam satu pertemuan sekitar dua bulan lalu di Asrama Haji Batam.

“Namun, pertemuan tersebut deadlock, tidak menghasilkan kesepakatan. Namun, tiba-tiba proyek pemasangan sudah akan dimulai. Buktinya, lobang pondasi untuk tower 2 sudah digali. Sementara kami, warga tidak pernah diberitahu dan dibicarakan,” paparnya lagi.

Joko melanjutkan, pihaknya tidak pernah menolak proyek tersebut. “Yang kami tolak itu adalah pembangunan tower di lingkungan perumahan kami. Alangkah baiknya, tower tersebut dibangun diseberang perumahan kami, di hutan di sekitar Dam Duriangkang,” tuturnya lagi.

Dia juga menambahkan, pihaknya juga sudah menyurati PLN Batam terkait masalah ini.

“Dua hari lalu kami sudah layangkan surat sekaligus membalas surat dari PLN Batam. Intinya, isi surat kami itu menolak pembangunan tower di depan lingkungan perumahan kami,” tegasnnya.

Hal serupa juga dikatakan Tata Sugita, Ketua RW 23 Cendana. Dia mengatakan, sebaiknya, pembangunan tower itu dilakukan di seberang Perumahan Cendana yakni kawasan hutan Dam Duriangkang.

“Kami menilai, keberadaan tower tersebut nantinya akan sangat mengganggu. Karena itu kami menolak. Lebih baik dibangun di seberang Perumahan Cendana,” ucap Tata Sugita.

Tata sependapat dengan Ketua RW 09 perumahan itu, jika kenyamanan warga pasti terganggu dengan adanya tower dan kabel listrik yang membentang di depan lingkungan perumahaan itu nantinya.

“Lebih baik pindahkan titik pembangunan tower itu dari lingkungan perumahan ini. Itu solusi yang paling bijak,” tambahnya lagi.

Sebagai bentuk penolakan, warga Perumahan Cendana memasang spanduk penolakan yang dipasang di sekitar titik tower, pintu gerbang perumahan, dan sejumlah lokasi lainnya pada, Minggu (17/11/2019).

Sementara itu, Arlen, Ketua RT 03 RW 09 Cendana yang wilayahnya termasuk paling dekat dengan pembangunan tower 3, menyampaikan hal serupa. Menurutnya, keberadaan tower itu akan menganggu kenyamanan warga.

“Kenyamanan kami akan terganggu dengan proyek ini. Lebih baik pindahkan ke lokasi lain,” pungkasnya. (fhy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed