by

Kerikil dan Readymix Tumpah Dijalan Picu Kecelakaan Lalulintas

BATAM (HK) – Batu Kerikil dan Ready Mix yang tumpah di jalan raya, saat diangkut truk molen dan kendaraan lainya, sangat membahayakan ke pengguna jalan raya. Sehingga, tidak jarang menjadi salahsatu pemicu atau penyebab dari kecelakaan lalulintas.

Bahkan, akibat kecelakaan tersebut tak jarang menimbulkan korban luka luka dan meninggal dunia. Khususnya itu kepada para pengendara sepeda motor dan mobil, saat melintas.

Novi, salah seorang pengendara sepeda motor yang melintas dijalan raya itu mengungkapkan hampir menjadi korban akibat tumpahan ready mix dan batu kerikil yang diberserakan di jalan raya, di saat pulang kerja.

“Ketika melintas jalan raya itu, tiba tiba saja di depan saya banyak tumpahan batu kerikil dan ready mix. Saya sontak melakukan mengerem kecepatan motor. Namun malah ban saya slip dan saya motor hampir jatuh akibat tergelincir batu kerikil yang berserakan itu,” ungkap Novri, Rabu (20/11), siang kemaren di TKP.

Begitu juga, imbuhnya, terhadap ibu ibu yang berada di belakang dan samping motor saya, juga hampir saja menjadi korban kecelakaan kalau mereka tidak sigap dan hati hati.

“Selama ini, sudah banyak pengendara sepeda motor yang jadi korban kecelakaan, akibat dari kendaraan yang ditumpanginya terpeleset oleh batu kerikil, yang berserakan di jalan raya,” ujar pekerja Pt di Wilayah Batuampar ini.

Dari itu, harapnya, aparat penegak hukum bisa mengambil satu tindakan terhadap kendaraan dan supir, maupun ke si pemilik truk molen itu, sehingga mereka tidak menimbulkan masalah.

“Kami atas nama masyarakat, meminta polisi dan dinas perhubungan bertindak tegas, agar dapat mengatasi serta menghindari, musibah yang tidak diharapkan oleh para pengendara lainnya di jalan raya,” pungkas Novri.

Mengetahui adanya kejadian tersebut, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polresta Barelang, tiba ke lokasi dan langsung turuntangan bersihkan tumpahan batu kerikil tersebut.

“Hal ini sebagai salahsatu upaya, untuk dapat mencegah terjadinya kecelakaan. Khususnya kepada pengendara kendaraan sepeda motor dan pengguna jalan raya lainya,” kata Sofrinal, Rabu kemaren.

Terkait apa yang disampaikan dan dikeluhkan masyarakat, imbuhnya, tentu akan kita tindak lanjuti sebagaimana mestinya, sesuai perintah pimpinan.

“Sebab, bapak pimpinan menginginkan segala sesuatunya dapat dilakukan penindakkan atas laporan dari masyarakat. Tujuannya, terutama untuk kebaikan dan keselamatan masyarakat dan kepentingan bersama,” ungkap Sofrinal.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar SIK, menerangkan, terkait adanya tumpahan kerikil, ready mix dan tanah tersebut, pihaknya melakukan pembersihan di dua jalan, yakni di kawasan Southlink tersebut dan di kawasan depan halte Legenda Malaka.

“Semoga kejadian yang sama tak terulang lagi, hingga menimbulkan musibah kecelakaan lalu lintas bagi semua pengendara jalan raya,” kata AKP Muchlis Nadjar.

Selain membersihkan tumpahan kerikil, upaya yang dilakukan Satlantas adalah, memberikan informasi serta himbauan kepada masyarakat agar mematuhi ketentuan saat berkendaraan.

“Kita mengimbau masyarakat, khususnya bagi pengendara untuk mematuhi semua peraturan saat berkendaraan. Terutama untuk dokumen kendaraan yang digunakan,” kata AKP Muchlis.

Taklain tujuan kami adalah, pungkasnya, demi untuk keselamatan para si pengendara sendiri agar bisa terhindar dari masalah dan musibah yang tidak kita inginkan, di saat berkendaraan.

“Begitu juga kepada si pemilik serta para supir truk molen dan kendaraan angkutan umumnya yang lain, agar dapat mematuhi semua aturan yang sudah ditetapkan,” tegas Kasat Lantas.
(vnr).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed