by

Ratusan Pelajar Ikuti Kemah Lintas Agama, Ini Tujuannya

Batam (HK) – Ratusan pelajar Kota Batam ikut perkemahan lintas agama yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam. Kegiatan yang diadakan tiga hari dari 19 s.d 21 November 2019 di taman wisata Muka Kuning Batam itu merupakan rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74 Kemenag.

“Salah satu tujuan dari acara ini adalah untuk meminimalisir radikalisme,” ucap Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kota Batam, Budi Dermawan, saat pembukaan acara perkemahan lintas agama itu,” Selasa (19/11/2019).

Dia mengungkapkan, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman bahwa Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, oleh karena itu nilai persatuan harus dikedepankan.

“Dengan acara ini diharapkan para pelajar sadar bahwa kita satu sama lain sangat membutuhkan walaupun berbeda suku dan agama. Nilai-nilai itu harus ada bagi siswa yang nantinya merupakan regenerasi dan pemimpin bangsa ini untuk kedepannya,” ungkap Budi.

Hal senada juga disampaikan Kepala kantor Kemenag Kota Batam, H. Zulkarnain Umar. Disampaikannya, perkemahan itu juga untuk medekatkan antarumat beragama dikalangan remaja.

Dengan acara itu, ucapnya, diharapkan terbangun solidaritas antarremaja guna tercipta kerukunan, kedamaian, dan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat.

“Remaja harus memahami bahwa kita ini harus berdampingan dengan baik, agama itu adalah keyakinan masing-masing. Kita berharap terbangun kebersamaan dan saling membantu dalam kehidupan keseharian walaupun berbeda agama,” pungkasnya. (dam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed