by

RSUP Ahmad Thabib Edukasi Rawat Jalan

TANJUNGPINANG (HK)- Rumah Sakit Umum Provinsi RSUP Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepri menggelar edukasi dan rawat jalan Diet Diabetes bagi penderita Diabetes atau Kencing Manis di provinsi Kepri.

Yangmana, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional 12 November 2019, dan  14 November 2019 yang diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day (WDD).

Hal ini disampaikanAhli gizi atau Nutrisionis Rumah Sakit RSUD Raja Ahmad Thabib, M. Kamaluddin,S.Gz di Tanjungpinang,Kamis (20/11).

Dikatakan Kamal, keberadaan Diabetes sebagai penyakit yangdisebabkan kandungan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh.

“Sebagian besar diakibatkan faktor genetik, namun gaya hidup juga memiliki peran yag tidak sedikit.  Peningkatan kesadaran akan diabetes harus dimulai dari keluarga,” ungkap Kamal .

Untuk itu,nantinya melalui edukasi ini RSUD Raja Ahmad Thabib memberikan Edukasi Internal Diet Diabetes dengan sasaran Keluarga Pasien yang di Rawat di Ruang Dahlia Lt 5.

“Edukasi ini disesuaikan dengan tema Hari Diabetes Sedunia yaitu “Keluarga dan Diabetes”. Kegiatan ini di lakukan oleh Tim PKRS yang bekerjasam dengan Nutrisionis dari Instalasi Gizi mengadakan penyuluhan Rawat Inap Dahlia di Lt 5 RSUD Raja Ahmad Tabib, Jumat  (22/11) besok ,” ungkap Kamal.

Peringatan WDD tahun ini juga akan mempromosikan peran keluarga dalam manajemen, perawatan, pencegahan dan pendidikan diabetes serta meningkatkan kesadaran akan dampak diabetes pada keluarga dan jaringan pendukung mereka yang terkena dampak.

“Peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku dalam sebuah keluarga merupakan hasil  pemberian edukasi di Rumah Sakit kepada keluarga pasien khususnya keluarga dengan factor resiko tinggi terkena Diabetes Militus, serta untuk dapat mengenali dan mencegah jenis penyakit diabetes sedini mungkin,” ungkap Kamal.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ahli gizi atau Nutrisionis Rumah Sakit, M. Kamaluddin,S.Gz,  diikuti 8 orang peserta yang merupakan keluarga pasien, pada kesempatan itu, Diet Diabetes yang di jadikan tema. 

M. Kamal menjelaskan bahwa Kurangnya pengetahuan tentang diabetes seperti menemukan tanda-tanda diabetes, diet seimbang untuk sehari hari, bukan hanya masalah bagi pasien dan keluarga, tetapi juga merupakan masalah yang berdampak pada masyarakat luas.

“Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penyakit diabetes, atau mencegah penyakit tersebut semakin berkembang. Misalnya dengan melakukan diet dengan memperhatikan 3 J (Jumlah, Jadwal dan Jenis),” ungkap Kamal.

Serta memperbanyak aktivitas fisik, menjaga berat badan ideal, atau dengan menghindari pemakaian tembakau dalam hal ini rokok.

Hal-hal itu,lanjut Kamal dapat mencegah atau menghambat serangan diabetes tipe 2 yang menjadi diabetes paling banyak diderita oleh masyarakat.

“Untuk itu dengan Mengetahui dan memahami resiko – resiko penyakit diabetes.  Mendapatkan edukasi tentang nutrisi bagi penderita diabetes. Mampu menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari penyuluhan kedalam kehidupan sehari – harinya untuk menjaga hidup tetap berkualitas,” tegas Kamal

Serta mendapatkan konsultasi kesehatan dari tenaga medis, merupakan tujuan utama edukasi internal ini di laksanakan RSUD Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepri.(Efr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed