by

BTP Wisuda 36 Sarjana Terapan Pariwisata

Batam (HK) – Batam Tourism Polytechnic (BTP) kembali mewisuda 36 orang lulusannya. Sebanyak 21 orang sudah bekerja dan 7 orang diantaranya bekerja di luar negeri seperti Maldives, Doha Qatar, Kuwait dan Dubai UniEmirat Arab, sehingga mereka tidak bisa mengikuti prosesi wisuda.

Mereka sudah dinyatakan lulus, meski tidak bisa ikut wisuda karena terikat kontrak di luar negeri. Saat ini, jumlah mahasiswa BTP sudah mencapai 756 mahasiswa,” kata Direktur Batam Tourist Polytechnic, M Nur A Nasution, S.Sos., M.Pd., CHA, Sabtu (23/11/2019) pagi.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Vitka Dr. Asman Abnur S.E., M.Si, mengatakan, lulusan BTP diharapkan mampu bersaing di dunia industry pariwisata global baik skala nasional maupun internasional.

“Jika kita memiliki skill dan keahlian, harus bisa bersaing dengan negara lain. Saya bertekad, menjadikan BTP dan ITEBA sebagai kampus bertaraf internasional, bahkan saya sangat bangga, jika suatu saat bertemu alumni BTP di luar negeri,” kata Asman.

Wisuda BTP angkatan kedua ini dilaksanakan berdasarkan hasil rapat senat Politeknik Pariwisata Batam tahun akademik 2019/2020 di auditorium Yayasan Vitka, Jalan Gajah Mada, the Vitka City Complex, Tiban,
Sekupang.

BTP memiliki tiga program studi diploma IV, yakni Room Division Management, Culinary Management dan Food Beverage Management setara dengan Strata 1. Mahasiswa yang menamatkan studi di BTP bergelar Sarjana Terapan Pariwisata. Dan ini, hanya satu-satunya di Indonesia.

Sejak awal berdiri, BTP menjalin kerjasama dengan kampus NHI atau STP Bandung dan STP Nusa Dua Bali serta berafiliasi dengan IMI Switzerland.

Selain itu, BTP juga bekerja sama dengan CTI Worldwide, operator kapal pesiar yang merekrut staf dan training centre. Batam Tourism Polytechnic yang mengusung tagline Centre of Excellence in Tourism itu, banyak menuai prestasi. Sejumlah mahasiswanya meraih 17 medali di LA Cuisine Competition skala Internasional.

“Dan beberapa mahasiswa BTP juga menjadi Best Trainee di hotel kelas dunia
seperti Grand Hyatt, Ritz Carlton, Intercontinental Doha dan Traders Hotel
Malaysia,” ungkap Asman.

BTP didukung fasilitas laboratorium standar bintang 5 seperti mixology lab, barista lab, demonstration kitchen, Patisserie et Chocolaterie Lab, Pizza and Baking Lab, Hotel Model Room. Modern Classroom, Function Room, Library and Reading Lounge serta asrama mahasiswa.

Pada wisuda perdana, BTP telah meluluskan dan mewisuda 22 orang yang berasal dari Program Studi Room Division Management dan Culinary Management.

Dua orang mahasiswa lulusan terbaik langsung menerima beasiswa S2 dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM)
Yogyakarta.

STIPRAM Yogyakarta adalah salah satu sekolah tinggi pariwisata terbesar dan terbaik di Indonesia. STIPRAM adalah milik PT Hotel Indonesia Natour (Inna Hotel Group), sebuah BUMN yang mengelola 15 hotel bertaraf internasional. (bob)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed