by

5 Alasan Cara Bayar Listrik Lebih Mudah untuk Dilakukan Sekarang

Aktivitas di kantor, rumah, atau indekos tempat tinggalmu tidak mungkin terlepas dari kebutuhan atas pasokan listrik. Ya, semua aktivitas di era modern ini akan menuntut kamu untuk dapat mengakses gadget dan peralatan elektronik. Mau tidak mau, semua perlengkapan harus diisi dengan daya listrik agar bisa kamu gunakan setiap hari.
Semua teknologi masa kini memang sudah mampu mempermudah beragam aktivitas. Selain itu, kamu juga sudah bisa mencari solusi lebih mudah saat terjadi masalah listrik di kantor dan tempat tinggal. Tidak hanya itu, sekarang membayar listrik bisa dilakukan dengan lebih mudah berkat beberapa hal berikut ini.

1. Penggunaan listrik prabayar
Pernah mengalami mati listrik akibat lupa bayar tagihan? Bagi pelanggan pascabayar, hal ini sangat mungkin terjadi, terutama saat kamu terlalu sibuk dan lupa bayar tagihan listrik. Namun, sekarang sudah banyak bangunan yang menggunakan layanan listrik prabayar agar bisa mengendalikan penggunaan listriknya secara mandiri.
Kalau penggunaan listrik pelanggan pascabayar masih harus dicatat oleh petugas PLN, pelanggan prabayar bisa langsung beli token listrik isi ulang saat indikator meteran sudah berbunyi. Jadi, asalkan punya stok token listrik, lampu di kantor atau tempat tinggalmu tidak akan padam.

2. Cek tagihan bisa dilakukan secara online
Seperti berbagai jenis layanan lainnya, kamu juga sudah bisa melakukan pengecekan tagihan listrik secara online, loh. Ya, hal ini menjadi salah satu kemudahan bagi pelanggan pascabayar untuk bisa menyiapkan biaya pembayaran untuk dibayarkan tepat waktu. Nah, tidak hanya pengecekannya saja, bayar listrik PLN online juga bisa dilakukan lewat partner pembayaran seperti Traveloka.

3. Layanan pelanggan lebih mudah diakses
Kalau terjadi masalah dengan listrik yang sedang kamu pakai, pastinya bikin senewen. Ya, kamu pasti jadi kesulitan beraktivitas karena tidak bisa menggunakan penerangan. Belum lagi kalau ternyata ada deadline dari klien dan baterai laptopmu sudah hampir habis. Nah, sekarang kamu sudah bisa melakukan mengadukan online ke PLN, loh.
PLN sudah memiliki layanan pelanggan yang bisa diakses melalui situs resmi maupun contact center. Jadi, saat terjadi masalah aliran listrik, kamu bisa langsung mengajukan pengaduan. Penanganan oleh petugas terkait pastinya semakin mudah untuk dilakukan tanpa harus melalui calo atau pihak ketiga yang mungkin tidak bertanggung jawab.

4. Tidak perlu antre di loket pembayaran
Mungkin kamu pernah mengalami masa-masa pembayaran listrik ke kantor cabang PLN di daerah tempat tinggal. Namun, saat ini sudah bukan zamannya lagi datang ke kantor cabang untuk mengurus pembayaran tagihan. Ya, semua pembayaran tagihan listrik maupun pembelian token prabayar tidak harus dilakukan dengan mengantre di loket pembayaran.

Jadi, sekarang kamu sudah bisa melakukan pembayaran maupun pembelian token lewat berbagai partner resmi dari PLN. Semua partner resmi sudah memiliki sistem pembayaran yang terintegrasi sehingga kamu tidak perlu khawatir mati listrik karena dianggap belum membayar. Kamu hanya perlu memastikan untuk melakukan transaksi lewat partner resmi seperti Traveloka untuk bayar tagihan atau beli token listrik.

5. Pilihan pembayaran lebih beragam
Tidak hanya kemudahan pembayaran lewat partner resmi, cara transaksinya pun lebih mudah, loh. Kamu bisa menggunakan pembayaran transfer ATM, kartu kredit, dan dompet digital untuk bisa melakukan pembayaran layanan listrik dari PLN. Selain mudah, beberapa partner pembayaran dari bank atau layanan dompet digital juga menawarkan promo. Ya, biasanya kamu akan langsung mendapatkan potongan harga dengan memasukkan kode tertentu.

Jika dibandingkan, cara bayar listrik PLN saat ini memang jauh lebih praktis ketimbang dulu, ‘kan? Yap! Selain lebih mudah, kamu bahkan punya kesempatan untuk dapat potongan harga dari tagihan listrik yang dipakai. Tidak repot harus datang dan antre ke kantor cabang PLN lagi, deh. (r)

News Feed