by

Arena SEA Games Akan Didatangi Topan Kammuri Senin Malam

Filipina tengah bersiap menghadapi terjangan Topan Kammuri yang kuat, mengikuti badai yang semakin mendekat. Kammuri diperkirakan akan menghantam daratan Filipina pada Senin malam atau Selasa pagi waktu setempat, yang membawa hujan dan angin dengan kecepatan hingga 185kmh.

Badai ini diperkirakan akan melintasi Manila yang memiliki 13 juta penduduk dan berdampak pada penyelenggaraan SEA Games 2019. Sekitar 70 ribu warga telah meninggalkan rumah mereka di wilayah Bicol, yang diperkirakan akan menjadi tempat pendaratan pertama topan Kammuri.

“Kami berharap tidak akan ada kerusakan. Namun mengingat kekuatan topan tersebut, kami tidak bisa menghindarinya,” kata Mark Timbal, juru bicara Badan Bencana Nasional Filipina dilansir Channel news asia.

Biro cuaca Filipina juga memperingatkan tentang kemungkinan tanah longsor yang disebabkan oleh hujan. Filipina kerap dilanda sekitar 20 kali badai dan topan setiap tahun, yang menewaskan hingga ratusan orang.

Topan paling mematikan di negara itu dalam catatan adalah Topan Haiyan, yang menyebabkan lebih dari 7.300 orang tewas atau hilang pada 2013.*

(sumber: vivanews.com)

News Feed