by

Selama 2019 DBD di Batam Meningkat

Batam (HK) – Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, masyarakat yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama 2019 ini meningkat dibandingkan 2018 lalu.

Dari Januari hingga November 2019, angka DBD itu sudah mencapai 646 kasus, sedangkan selama tahun 2018 lalu cuma diangka 639.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, adanya pemberitaan bahwa di pulau Buluh ada 50 orang warga terkena DBD dan dilarikan kerumah sakit selama 3 bulan belakangan ini datanya adalah keliru dan itu tidak benar.

Pasalnya berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinkes Kota Batam dan laporan dari Puskesmas setempat tidak ada warga pulau Buluh terkena DBD sebanyak 50 orang yang dibesar-besarkan itu.

“Laporan yang kita terima dari Puskesmas setempat, tidak ada datanya segitu dan tadi pegawai kita juga sudah cek langsung ke rumah sakit seperti yang diberitakan,” ucap Didi kepada haluankepri.com, Senin (2/12/2019).

Menurutnya, jika itu benar, maka jangankan untuk Kota Batam, seluruh Indonesia pasti mengatahui hal itu, karena dia akan terdeteksi langsung.

Karena Dinkes Kota Batam sudah memiliki jaringan, dimana seluruh rumah sakit jika ada pasiennya yang positif terkena DBD maka akan ada laporannya kepada Dinkes Batam.

Seluruh rumah sakit yang ada di Batam wajib melaporkan jika ada pasiennya yang terkena DBD itu.

“Di Pulau Buluh, dari September s.d November, cuma ada sekitar 15 orang saja,” ungkapnya. (dam)

News Feed