by

2019, 10 Ribuan e-KTP Belum Dicetak di Dua Kecamatan

Batam (HK) – Kosongnya blangko e-KTP ternyata bukan hanya di Sagulung dan Batuaji. Akan tetapi hampir seluruh kecamatan kota Batam.

Bahkan, permasalahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masih selalu pembahasan Ditengah-tengah masyarakat hingga belum ada kepastian kapan adanya blangko e-KTP tersebut dan pasokan blangko e-KTP ini selalu mendominasi dalam problem ini.

Berdasarkan data, di dua kecamatan di Batam yakni di Sei Beduk dan Batuaji, sebanyak 10,746 e-KTP belum tercetak karena kekosongan blanko.

Di Kecamatan Sei Beduk terhentinya pencekatan KTP-el terjadi sejak Maret. Bahkan, angka ini akan terus bertambah karena setiap harinya akan selalu ada warga untuk melakukan perekaman.

“Penumpukan berkas pengajuan e-KTP ini telah terjadi sejak Maret 2019. Pengajuan e-KTP di wilayah ini memang tak terlalu tinggi, tapi jika diakumulasi sudah mencapai 3800 berkas,” ujar Delferi, Sekretaris Kecamatan Sei Beduk, Selasa (3/11).

Jika data total penduduk yang didapat dari Kecamatan Sei Beduk terhitung sejak Juli 2019 ada sebanyak 89.465 penduduk. Namun Delferi menyampaikan bahwa di kecamatan masih ada sebanyak 1168 e-KTP sudah siap cetak, namun belum diambil pemiliknya.

Dari sebanyak 1168 e-KTP yang sudah tercetak tersebar di masing-masing Kelurahan, seperti Muka kuning, Tanjung Piayu, Mangsang dan Duriangkang.

“Jumlahnya memang tak terlalu banyak, tapi di tiap kelurahan memang ada. Kita juga sudah menyampaikan kepada para pemilik e-KTP melalui nomor yang mereka cantumkan saat perekaman,” pungkasnya.

Hal sama juga terjadi di Kecamatan Batuaji, namun akumulasi data e-KTP yang belum dicetak di Batuaji cukup tinggi dari kecamatan Sei Beduk.

Ridwan Camat Batuaji mengatakan, untuk pengajuan pencetakan e-KPT sejak dari 2018 silam hingga sampai 2019 ada sebanyak 13.702. Dari jumlah tersebut yang baru tercetak ada sebanyak 6756 keping e-KTP dan sebanyak 6946 pengajuan belum selesai dicetak.

“Pengajuan cetak KTP akumulatif dari tahun 2018 silam sampai dengan 2019 ada sebanyak 13.702. Yang sudah dicetak sebanyak 6756. Namun yang belum dicetak ada sebanyak 6946. Dan kendalanya terjadi pada blankonya,” tutup Ridwan. (ded)

News Feed