by

Angka DBD Meningkat, Dewan Minta Dinkes Bekerja Keras

Batam (HK) – Masyarakat yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama tahun 2019 ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Komisi IV DPRD Kota Batam, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam agar bekerja keras, salah satunya berupa sosialisasi agar bisa mengantisipasi DBD tersebut.

“Dinkes harus gencar melakukan sosialisasi apalagi di daerah pulau-pulau kecil, karena itu agak rentan,” ucap anggota komisi IV DPRD Kota Batam, Aman kepada haluankepri.com, Senin (3/12/2019).

Dikatakan Aman, sosialisasi itu jangan hanya dilakukan di daerah mainland saja tapi juga di hinterland, sebab didaerah mainland saja ada masyarakat yang terkena DBD apalagi didaerah hinterland.

Selama ini, ucapnya, kinerja Dinkes dinilai masih kurang, padahal anggaran untuk sosialisasi itu sudah ada. Anggaran untuk Dinkes itu besar, dimana untuk tahun 2020 mendatang sebanyak 14 persen dari APBD Kota Batam.

Ditegaskannya, DBD tidak boleh dianggap sebelah mata. Dan dia mengatakan, menyelesaikan DBD itu mudah, yaitu dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat agar masyarakat peduli dan perhatian terhadap lingkungannya.

“Dinkes itu adalah ujung tombak Pemko dalam hal menagani seluruh persoalan kesehatan. Jangan menunggu ada masalah dulu baru mengambil tindakan,” bebernya. (dam)

News Feed