by

Alasan untuk Kerja, Pencuri Bawa Motor yang Diparkir

KARIMUN (HK)-Dengan alasan tidak memiliki sepeda motor untuk bekerja, Rio Susanto (29) akhirnya mencuri sepeda motor yang terparkir depan rumah korban, Senin (2/12/2019). Sepeda motor merk Yamaha warna merah marun BP 6285 KK itu milik Thing Hian (49), warga Baran II, Kelurahan Baran, Kecamatan Meral.

Sepeda motor itu tidak dicuri langsung oleh Rio, namun dia memperalat dua temannya, Riswan dan Wira. Rio meminta dua temannya itu untuk mengambil motor Thing Hian yang sedang parkir depan rumah dan berjanji akan memberikan uang bensin. Kepada dua temannya itu, Rio menyebut sepeda motor itu adalah milik bosnya.

“Begitu mendengar permintaan Rio, kedua temannya kemudian mengambil sepeda motor milik Thing Hian yang terparkir depan rumah sambil mendorong menggunakan motor lain ke arah Gank Asoka, Kelurahan Baran,” ungkap Kapolsek Meral, AKP Doddy Santosa Putra saat ekspose kasus tersebut di Mapolsek Meral, Sabtu (7/12/2019).

Kata Doddy, begitu sepeda motor sudah berada di depan Rio, kemudian mereka bertiga membawa sepeda motor tersebut ke arah Wonosari, Kelurahan Baran. Caranya, tersangka Rio berboncengan dengan sepeda motor Riswan. Sedangan, Wira membawa sepeda motor curian itu dengan cara dipandu sepeda motor yang dibawa Riswan.

“Begitu sampai Simpang Tiga Wonosari, tersangka Rio kemudian menyerahkan uang sebesar Rp25 ribu kepada dua temannya itu, sesuai dengan janji akan memberikan uang bensin. Kemudian, sepeda motor hasil curian itu dibawa kabur oleh pelaku. Motor yang semula berwarna merah marun diganti dengan cat putih oleh tersangka Rio,” jelas Doddy.

Sementara, pemilik motor Thing Hian pada saat sepeda motornya sudah dibawa kabur oleh dua tersangka Riswan dan Wira sedang berada di dalam rumah. Dia baru mengetahui kalau sepeda motornya itu telah hilang ketika hendak keluar mencari makan. Dia terkejut ketika melihat motornya sudah tak ada di lokasi semula lagi.

“Tersangka berhasil kita amankan, Jumat (6 Desember 2019 saat berada di rumahnya di kawasan Bukit Tembak, Kelurahan Sei Pasir sekitar pukul 19.00 WIB. Saat diamankan, pelaku tidak melakukan perlawanan. Dia mengaku telah mencuri sepeda motor yan dilaporkan hilang oleh korban. Pelaku mengaku, sepeda motor itu akan digunakannya untuk kerja,” ujar Doddy.

Dikatakan, akibat perbuatan ketiga pelaku, korban mengalami kerugian sekitar Rp4 juta dengan asumsi harga motor merk Yamaha pada kondisi saat ini. Pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 4 KUH Pidana tentang Tindak Pidana Pencurian dan Pemberatan. (ham)

News Feed