by

Tidak Benar Guru Kurang Kompetensi, Terkait Hasil Survai PISA Kemampuan Pelajar Indonesia Rendah

BATAM (HK) – Hasil survai dilakukan Programme for International Student Assessment (PISA) menilai kemampuan pelajar Indonesia masih rendah dibawah rata-rata menuai komentar dari para pelaku penddikan di Kota Batam. Malah mereka bilang tidak benar apabila hal tersebut lebih diakibatkan karena kompetensi guru yang rendah dan inovasi kepala sekolah kurang dalam memajukan pendidikan.

Sementara PISA ini merupakan sistem ujian yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), untuk mengevaluasi sistem pendidikan dari 72 negara di seluruh dunia. PISA diadakan setiap tiga tahun sekali oleh OECD dengan mengambil sampel siswa umur hingga 15 tahun secara acak di setiap negara. Dan sekarang PISA dijadikan standar internasional dalam bidang pendidikan.

Ternyata dari ukur PISA terbukti bahwa kemampuan membaca, matematika, sains, dan implementasi pelajar Indonesia Indonesia menunjukkan peringkatnya masih terendah. Artinya bahwa sedikit siswa Indonesia yang memiliki kemampuan tinggi dalam satu mata pelajaran, dan pada saat bersamaan sedikit juga siswa yang meraih tingkat kemahiran minimum dalam satu mata pelajaran.

News Feed