by

Dumoranto Prediksi Kerawanan Pilkada Meningkat, Ini Alasan Bawaslu

Bintan (HK) – Anggota Bawaslu Bintan Dumoranto Situmorang memprediksi kerawanan pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang akan meningkat. Hal ini didasari dari beberapa kejadian dugaan pelanggaran pada pemilu 2019.

“Saya pikir akan meningkat. Walaupun kemarin, kita masih rendah,” kata Dumoranto saat rapat koordinasi evaluasi pengawasan pemilu bersama mitra kerja di Lohas Wellnes Village di Jalan Kawal Km 23 Toapaya, Kamis (12/12) pagi.

Saat ini, Bawaslu kata dia, sedang menyusun IKP (Indeks Kerawanan Pemilu) untuk selanjutnya dikirim ke Bawaslu RI guna dianalisa. Data-data itu diperoleh dari KPU, kepolisian serta media massa.

“Karena mereka (media massa) juga aktif mengikuti perkembangan politik,” ujar Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Bintan.

Dumoranto menyinggung hasil evaluasi pemilu 2019 yang menjadi catatan diantaranya mengenai pembatasan akses Bawaslu terhadap beberapa sistem di KPU Bintan mengenai verifikasi pencalonan. Contohnya, pada pencalonan Pileg kemarin, banyak ditemukan caleg berstatus honorer termasuk pengurus BUMDes.

Kedepan Bawaslu berharap, ada perbaikan pelaksanaan dalam proses pemilihan terutama dalam Pilkada Bintan 2020 mendatang.

Dalam rakor bersama mitra kerja itu dihadiri pejabat Pemda Bintan, Kejaksaan Negeri Bintan, TNI-Polri serta perwakilan kecamatan. (oxy)

News Feed