by

Jual Tiket Rp350 Ribu Dua Calo Tiket Kapal Kelud Diciduk

BATAM (HK) – Dua calo tiket kapal KM Kelud berinisal MS dam RD diamankan jajaran Satreskrim Polresta Barelang melalui Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam pada Kamis (12/12/2019) siang.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmad Purboyo mengatakan, dari kedua pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka didapatkan tujuh lembar tiket KM kelud dengan tujuan Batam – Belawan dan uang senilai Rp700 ribu.

“Namun ada dua tiket yang sudah terjual dengan harga Rp350 ribu per tiket, dimana seharusnya harga normal tiket kelas Ekonomi yakni Rp230 ribu. Artinya dari hasil penjualan tiket, mereka mendapatkan keuntungan Rp120 ribu per tiket,” ungkap Prasetyo di Mapolresta Barelang, Jumat (13/12/2019).

Dijelaskan, adapun modus pelaku, mereka membeli tiket dengan menggunakan kartu keluarga (KK) saudaranya, kemudian tiket tersebut dijual kembali kepada calon penumpang lainnya.

“Dimana, awalnya tiket tersebut dibeli kedua tersangka dari kantor Pelni, lalu dijual kembali kepada calon penumpang dengan alasan tiket kapal untuk keberangkatan Minggu (29/12/2019) sudah habis,” katanya.

“Sehingga, mendengar alasan tersebut, mau tidak mau calon penumpang akhirnya membeli kepada calo,” tambahnya.

Prasetyo menjelasjan, kedua pelaku sehari-hari berprofesi sebagai juru parkir di pelabuhan dan porter di pelabuhan.

Ia berharap dengan adanya pengungkapan kasus ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin menggunakan angkutan laut untuk merayakan Natal dan Tahun baru di Kampung halaman.

Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 379 KUHP dengan ancaman tindak pidana ringan selama 3 bulan.(bob)

News Feed